•   Rabu, 20 November 2019
Surabaya

Hari Kartini, Layani Masyarakat dengan Kebaya

( words)
Polisi Wanita (Polwan) berkebaya melayani warga yang mengajukan permohonan Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Satpas Colombo, Surabaya, kemarin. (Foto: SP/JULIAN)


SURABAYAPAGI.com - Ratusan masyarakat Kota Surabaya yang tengah mengajukan proses pengurusan SIM baru maupun perpanjangan di Satpas Colombo dikejutkan dengan gaya pelayanan para polisi wanita, anggota Satlantas Polrestabes Surabaya. Bagaimana tidak, jika biasanya para Polwan itu mengenakan atribut kepolisian lengkap, khusus Senin (22/4) kemarin, puluhan petugas itu berdandan ala Kartini.
Mengenakan kebaya dan sangggul anggun, mereka tetap cekatan melayani masyarakat. Hal itu berdampak pada kenyamanan para pemohon SIM yang biasanya terlihat canggung ketika dilayani polisi berpakaian seragam.
Salah satunya, Abduh Riansyah. Pemuda asal Jojoran itu mengaku senang melihat para polwan yang berdandan ala Kartini. "Terlihat cantik dan nyentrik," katanya.
Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pan Pandia menyebut jika keunikan busana petugas Satpas Colombo adalah wujud apresiasi kepada mendiang RA Kartini.
"Iya sebelumnya kami ucapkan selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan Indonesia. Hari ini memang secara khusus kami instruksikan para Polwan untuk mengenakan busana kebaya sebagai wujud apresiasi dan rasa terima kasih kepada Kartini. Berkat perjuangannya, saat ini dirasakan seluruh perempuan terutama para Polwan dalam kesetaraan mendapat perlakuan yang sama dengan laki-laki," beber Pandia, Senin (22/4).
Pandia menyebut, meski berpenampilan berbeda, pihaknya tetap tak menurunkan kualitas layanan kepada masyarakat. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan personil untuk mengatasi penumpukan pemohon lantaran sempat libur hari besar pada Jumat (19/4) kemarin.n fir/jul

Berita Populer