HNSI Gelar Rapat Penguatan SDM Tahun 2021

Gus Acing saat menyambut para nelayan di hadapan kelompok HNSI di Kab. Sumenep (ft. Ainur Rahman/SP)

SURABAYA PAGI, Sumenep- Himpunan nelayan seluruh Indonesia (HNSI) menggelar rapat kordinasi program tahun 2021 bersama DPC dan Ranting se-kab. Sumenep pada kamis 29 Oktober 2020.

Pada kegiatan tersebut dihadiri Dr, Ir. H.RB. Fattah Jasin MS sebagai calon Bupati Kab. Sumenep nomor urut 02 pada kontes pilkada 9 Desember mendatang.

Gus Acing, panggilan akrabnya mengatakan, kalau misalnya dirinya dipercaya oleh masyarakat kab. Sumenep ditaqdirkan menjadi Bupati sumenep, tentu akan memperhatikan para Nelayan yang ada di kab. Sumenep.

Sebab nelayan itu bagian terpenting dari pemerintah yang nantinya juga bersama-sama dengan pemerintah didalam membangun kesejahteraan Masyarakat pada umumnya, katanya saat menyambut para nelayan yang tergabung dalam kelompok HNSI di kab. Sumenep Kamis (29/10).

Menurutnya, Jika dia melihat dari tematiknya Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) ini menjadi sebuah jejaring di dalam membangun persatuan dari perorangan maupun pemerintah, maka yang perlu dilakukan adalah memperkuat jejaring baik dari ketua dan pengurusnya,

"Sebab tidak mungkin pemerintah itu berkomunikasi dengan perorangan tetapi melalui himpunan perserikatan," tegasnya Selain itu pihaknya mengakui kalau Kab. Sumenep itu memiliki pulau terbanyak mungkin terbesar kalau diukur dari pantai laut mungkin terpanjang.

"saya sudah menempuh 27 kecamatan sebagai calon bupati untuk mengetahui berbagai wilayah yang ada tujuannya untuk menyerap aspirasi masyarakat bawah dari berbagai kalanga,urainya.

Di era globalisasi maka perserikatan lembaga semacam himpunan nelayan seluruh Indonesia (HNSI) dirasa sangat penting untuk mensejahterakan masyarakatnya, makanya yang harus diperkuat adalah perserikatan baik dari ketua dan pengurusnya.

Dikatakan Gus Acing, suasana dalam moment maulid Nabi kita harus meniru kepemimpinan Rasulullah jadi seorang pemimpim harus memiliki sifat, siddiq, tabligh, amanah, dan fathanah, keempat sifat tersebut harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

"Kira-kira yang harus difasilitasi adalah banyak hal apakah modalnya apakah infrastrukturnya kapal atau fasilitasnya saya pengalaman di birokrasi hampir 34 tahun, insya Allah yang menjadi keinginan dan kebutuhan para nelayan saya paham, bahkan nantinya saya bikin pengembangannya secara SDM, sebab SDM itu penting didalam menambah pengembangan kesejahteraan masyarakat Sumenep," pungkasnya.ar