•   Selasa, 17 September 2019
Bisnis Makro

Honda Akui Mulai Tertarik Jual Motor-motor ’Nyeleneh’

( words)


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Belakangan Honda mulai melirik segmen motor pehobi. Tentu, menjadi ketidakbiasaan bagi mereka, karena selama ini Honda identik menghadirkan model-model mainstream.
Beberapa produk yang ditawarkan adalah Supercub C125 dan Honda Forza 250. Honda juga coba menggoda konsumen di Tanah Air, dengan menghadirkan Monkey di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, kendati belum menjualnya di Nusantara.
Terkait ini, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan, langkah melirik segmen motor pehobi merupakan bagian dari strategi bisnis Honda. Mereka sadar, sudah ada sederet perubahan minat masyarakat terhadap model roda dua.
"Beberapa belakangan ini customer memang sudah mengalami pergeseran. Jadi, yang biasa motor itu dipakai untuk daily commuter, sekarang itu sudah buat lifestyle, buat hobi. Jadi, kita melihat di Indonesia ini arah-arahnya ada yang ke sana, ke arah lifestyle. Makanya, kita hadirkan Supercub, Forza," kata Thomas di Pangandaran, Jawa Barat.
Namun, soal seberapa besar pasar, Honda mengaku masih terus merabanya. Termasuk, dengan potensi kehadiran Monkey untuk melengkapi deretan motor hobi Honda di Indonesia. "Untuk Monkey kapan masuk Indonesia, kita masih pelajari," kata dia.
Sementara itu, dari data yang disampaikan, penjualan Supercub saat ini menyentuh angka 400 unit. Sedangkan Forza, mencatatkan angka 900 unit. Pengiriman unit ke konsumen baru akan dilakukan Honda pada akhir tahun ini mengingat produksi bukan dilakukan di Tanah Air.
"Untuk persebaran pemiliknya, ada di Jawa Barat dan Jakarta," kata Thomas.

Berita Populer