•   Kamis, 17 Oktober 2019
Ekonomi China

Huawei Ujicoba OS, akan Rilis Awal Tahun

( words)
OS Ark besutan Huawei. SP/ytb


SURABAYAPAGI.com – Huawei, raksasa teknologi asal China sedang melakukan ujicoba terhadap OS besutan mereka sendiri yaitu Hongmeng atau Ark, menghadapi ketidak pastian perang dagang dan janji kelonggaran sanksi untuk Huawei, tidak mempengaruhi Huawei kehabisan cara untuk melanjutkan bisnisnya.

Jika uji coba ini berjalan sukses, ponsel dengan OS HongMeng akan dipasarkan pada akhir tahun untuk menyasar masyarakat kelas bawah dan kelas menengah. Harga ponselnya diperkirakan di kisaran 2.000 yuan atau setara US$288,24 per unit (Rp 4 jutaan).

Belum bisa dipastikan apakah ponsel dengan OS HongMeng ini akan dipasarkan di luar China atau tidak. Namun, kabar yang berhembus OS HongMeng akan diperkenalkan pada acara tahunan Huawei 9 Agustus 2019. HongMeng sendiri untuk tahap pertama akan digunakan pada smart tv milik Honor.

"Ponsel Huawei baru dengan sistem HongMeng akan debut di pasar pada kuartal keempat, dengan stok hingga beberapa juta unit. Diharapkan smartphone tersebut akan muncul bersama dengan seri Huawei Mate30," ujarnya, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (5/8)

Selain smartphone, Huawei berambisi agar OS HongMeng berjalan di banyak platform dan memfasilitasi IoT. Sumber itu mengungkapkan bahwa tidak seperti sistem Android yang didasarkan pada Linux kernal, gagasan Huawei untuk mengembangkan HongMeng mirip dengan OS Fuchsia Google - yang didasarkan pada mikrokernel, dapat lebih baik mengakomodasi kecerdasan buatan (AI) dan dapat berjalan pada berbagai platform.

"Tugas prioritas bagi Huawei untuk mencapai ambisi ini adalah menarik sebanyak mungkin pengembang untuk membangun ekosistem," terang sumber tersebut.

Google sedang melobi pemerintah AS agar kebijakan tersebut tidak dikenakan pada Android. Google beralasan pelarangan tersebut akan membuat China lebih gampang memata-matai negara lain dengan OS HongMengnya.

Berita Populer