HUT RI, PT KAI Daop 8 Tambah 4 KA Jarak Jauh dan 10 KA Lokal

Penumpang menunggu kereta api . SP/BYTA

SURABAYAPAGI, Surabaya - PT KAI Daop 8 Surabaya kembali menambah 4 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dan 10 perjalanan KA Lokal yang beroperasi di Bulan Agustus 2010 ini, guna mengantisipasi lonjakan peningkatan penumpang dalam liburan memperingati  HUT RI ke-75.

Terdapat 4 Kereta Api Jarak Jauh yang kembali dioperasikan oleh KAI pada akhir pekan dan tanggal tertentu di bulan Agustus, setelah sebelumnya Kereta Api tersebut dihentikan sementara operasionalnya. 4 KA tersebut terdiri dari 2 KA tujuan Jakarta melalui Bandung (Via Jalur selatan) dan 2 KA tujuan Ketapang (Banyuwangi).

Dengan demikian pada Bulan Agustus 2020 ini, di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 65 perjalanan KA penumpang yang beroperasi , terdiri dari 46 KA Lokal dan 19 KA Jarak Menengah/Jauh.

Selain menambah perjalanan KA Jarak jauh, PT KAI Daop 8 Surabaya juga kembali mengoperasikan 10 perjalanan KA Lokal Jenggala relasi Sidoarjo - Tulanggan - Tarik - Mojokerto/pp terhitung mulai pada tanggal 15 Agustus 2020. Dengan pengoperasian 10 perjalanan KA Lokal tersebut, berarti perjalanan KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya praktis sudah beroperasi semua seperti kondisi normal. Dimana di Bulan agustus ini, ada 46 perjalanan KA Lokal yang beroperasi di Wilayah PT KAI daop 8 Surabaya.

Dalam kondisi normal sebelum pandemi, di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya terdapat 86 KA yang terdiri dari 41 KA Jarak Menengah/Jauh dan 46 KA Lokal.

“Kereta Api tersebut kami operasionalkan lagi dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, guna mengantisipasi lonjakan minat masyarakat dalam mobilisasi selama liburan memperingati HUT RI ke-75,” ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Pada periode tanggal 1 s/d 13 Agustus 2020, PT KAI Daop 8 Surabaya telah melayani 102.458 penumpang terdiri dari 17.220 penumpang KA  jarak Menengah/Jauh dan 85.238 penumpang KA Lokal.

PT KAI Daop 8 Surabaya menilai, terjadinya pertumbuhan jumlah penumpang tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti adanya diskon tiket KA menyambut HUT RI ke-75, penambahan jadwal perjalanan secara bertahap, dan hadirnya layanan Rapid Test Covid-19 dengan harga terjangkau di stasiun.

Meski terjadi peningkatan perjalanan kereta api, KAI tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api dengan aman, selamat, nyaman, dan sehat sampai di stasiun tujuan.

“Dengan adanya penambahan kereta api di bulan Agustus ini, kami berharap dapat meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selamat HUT RI ke-75, Merdeka!,” tutup Suprapto.

Penambahan 4 Kereta Api Jarak Menengah/ Jauh yang kembali beroperasi guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur memperingati HUT RI Ke-75  tersebut diantaranya :
1.KA Argo Wilis (Plb 1b/ Plb 2b), relasi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir (Jakarta)/ pp.
2.KA Malabar (KLB KP 107E/ PLB 108B), Relasi Malang - Bandung - Pasar Senen (Jakarta)/ pp.
3.KA Mutiara Timur Pagi (KA 183/ 184) Relasi Surabaya Pasar Turi/Surabaya Gubeng - Ketapang/ pp.
4.KA Mutiara Timur Malam (KA 185/186) Relasi Surabaya Pasar Turi/ Surabaya Gubeng - Ketapang/ pp. Byt