Hutan Baluran Situbondo Kembali Terbakar

Petugas berupaya memadamkan api yang membakar di kawasan Taman Nasional Baluran SItubondo pada Rabu (5/8) malam. SP/dokumentasi BPBD Situbondo

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo – Hutan kawasan Taman Nasional (TN) Baluran, Kecamatan Banyuputih, Situbondo kembali terbakar. Dari informasi yang didapat, insiden kebakaran terjadi pada Rabu (5/8) malam.

Akibat insiden ini, 3 hektare area sekitar hutan hangus terbakar.

Kobaran api tiba-tiba terlihat membakar lantai hutan jati dan semak belukar di tepi jalan raya pantura KM 250 arah Surabaya. Tepatnya di Blok Randu Agung/Grid 123 Resor Bitakol, Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih.

“Total ada sekitar 3 hektar lahan hutan yang terbakar. Tidak ada korban jiwa maupun cedera. Selain itu, lokasi kebakaran juga jauh dari pemukiman penduduk. Jadi cukup aman dan terkendali,” kata Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono, Kamis (6/8/2020).

Setelah ada laporan hutan kebakaran, petugas gabungan bergegas menuju ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman. Petugas gabungan dari TN Baluran, Masyarakat Peduli Api Baluran, dan anggota Koramil Banyuputih. Dengan peralatan seadanya, petugas berusaha memadamkan api agar tidak terus merembet ke lahan lain. Api baru berhasil dijinakkan sekitar satu jam kemudian. 

Penyebab kebakaran diduga dari punting rokok yang dibuang sembarangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.