Indonesia-Brunei Kerja Sama Sektor Kesehatan

SURABAYAPAGI, Jakarta - Pemerintah Indonesia dan Brunei Darussalam sepakat untuk segera mengimplementasikan kerja sama di bidang kesehatan.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Brunei Darussalam Sujatmiko mengatakan, kesepakatan kerja sama kedua negara telah tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) Kerja Sama Kesehatan yang telah ditandatangani sejak Februari 2015.

Kesepakatan tersebut meliputi pertukaran informasi tentang kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, kesehatan kerja, obat tradisional dan peraturan produk media, penelitian dan pengembangan bersama di bidang medis dan kesehatan.

“Implementasi rencana aksi ini akan menjadi landasan yang sangat penting dan merupakan investasi dalam kerangka kerja sama kesehatan Indonesia dan Brunei Darussalam di masa depan,"ujar Dubes Sujatmiko, Sabtu (13/7).

Dalam diskusi informal seusai penandatanganan PoA, Dubes RI juga menyampaikan, kepada Menteri Kesehatan Brunei dan jajarannya bahwa Indonesia siap mengirimkan para tenaga kesehatan sesuai kualifikasi yang diperlukan Brunei.

Indonesia juga menawarkan diri agar Brunei bersedia berivestasi di Tanah Air, khususnya rumah sakit internasional. Sujatmiko mengklaim, pihak Brunei menyatakan siap untuk mempelajari tawaran tersebut. jkt