•   Minggu, 23 Februari 2020
Ekonomi China

Industri Game Seluler China Naik 30,8%

( words)
Ilustrasi SP/Hitek


SURABAYAPAGI.com - Pasar luar negeri telah menjadi ladang bagi para pengembang game seluler China karena mereka merupakan bagian dari meningkatnya pendapatan industry.

Pada 2018, pendapatan industri game ponsel China dari pasar luar negeri mencapai 42,12 miliar yuan (5,94 miliar dolar AS), naik 30,8 persen YoY, hal ini dikatakan menurut iResearch, oleh sebuah perusahaan riset pasar.

Laporan tersebut menyatakan bahawa pasar luar negeri mencapai 25,4 persen dari total pendapatan untuk industri permainan ponsel China dan hal ini naik 3,1 poin persentase dibandingkan dengan 2017.

Kategori game ponsel Cina paling populer di Q1 tahun ini termasuk MMORPG yang merupakan game aksi dan puzzle.

Pasar domestik China mengalami kekosongan sementara ketika pihak berwenang memperketat peraturan terhadap industri game mobile pada tahun 2018, yang sebagian menjelaskan ekspansi game mobile Cina di antara pasar luar negeri.

IResearch mengatakan bahwa Amerika Serikat dan Uni Eropa (UE) adalah wilayah yang akan melihat pertumbuhan yang cepat dalam jangka pendek, karena game mobile menyumbang kurang dari 30 persen dari pendapatan seluruh industri game di kedua pasar, sedangkan persentase di kedua China dan Jepang melampaui 60 persen.

Selain itu, Amerika Serikat dan UE telah mengumpulkan banyak sekali pengguna game dan menyaksikan meluasnya penggunaan perangkat seluler pintar dan jaringan seluler.

Laporan tersebut memperkirakan bahwa game mobile akan mencapai lebih dari setengah pasar game global pada tahun 2021, berkat pengembangan teknologi seperti 5G dan layanan cloud.

Berita Populer