•   Kamis, 9 April 2020
Kesehatan

Inilah Alasan Anda Harus Rutin Ganti Sikat Gigi

( words)


SURABAYAPAGI.com - Sikat gigi secara rutin adalah kebiasaan yang wajib kamu lakukan setiap hari, minimal anda melakukannya 2 kali saat sesudah bangun pagi dan sebelum tidur. Tapi apakah anda pernah memperhatikan sikat gigi anda? Ya sikat gigi juga sangat berpengaruh pada gigi anda.

Anda sangat disarankan untuk mengganti sikat gigi minimal 3 bulan sekali. Ada beberapa alasannya mengapa anda harus melakukan ini, berikut ulasannya.

1. Bulu Sikat Rusak

Image
Bulu Sikat gigi menurun kualitasnya setelah tiga bulan, bulunya bisa tidak rata, kaku, dan lemas, sehingga kemampuan sikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pun akan semakin menurun.

2. Jamur dan bakteri

Image
Sikat gigi adalah alat untuk membersihkan kotoran mulut, entah dari sisa makanan atau bahkan bakteri. Sekian lama digunakan sikat gigi bisa dijadikan tempat untuk jamur dan bakteri berkembang biak, nah tentu tidak baik jika sikat gii penuh jamur dan bakteri tetap digunakan.

3. Plak Sulit Hilang

Image
Sikat gigi yang tak berkualitas lagi akan kehilangan kemampuannya menghilangkan plak yang muncul di gigi. Nah untuk itu sebaiknya ganti dengan yang baru.

4. Memicu Gusi Berdarah

Image
Sikat gigi yang usang biasanya memiliki bulu yang tak beraturam seperti tidak rata, kaku dan lainnya. Jika masih dipakai sikat gigi bukan hanya tidak membersihkan gigi anda malah bisa memicu kerusakan pada area gigi terutama pada gusi.

Berita Populer