•   Selasa, 10 Desember 2019
Ekonomi NKRI

Investree Tawarkan Cash Back Hingga Rp 30 juta, Bukti SBR007 Masih Menarik

( words)
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman dalam peluncuran SBR007 di Jakarta, Kamis (11/7). SP/Rpb


SURABAYAPAGI.com - Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai, Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR007 masih menarik bagi para investor ritel meski kuponnya hanya 7,5 persen, lebih rendah dibanding dengan seri sebelumnya. Sebab, nilai tersebut masih lebih tinggi dibanding dengan produk investasi lain. Misalnya, deposito dari perbankan BUMN yang rata-rata menawarkan suku bunga 7,45 persen untuk dua tahun.

Josua menjelaskan, keputusan pemerintah untuk menetapkan kupon 7,5 persen pada SBR007 juga bukan tanpa perhitungan. Pemerintah sudah mempertimbangkan rencana pelonggaran kebijakan moneter dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Fed.

"Kemarin malam, Gubernur The Fed sudah sampaikan sinyal cukup kuat akan memangkas suku bunga di tahun ini," ujarnya ketika dihubungi Republika.co.id,Kamis (11/7).

Dampaknya, Josua mengatakan, bank sentral di negara berkembang seperti Bank Indonesia (BI) akan meresponnya dengan langkah serupa. Ini terfleksi dari tingkat kupon yang ditawarkan dalam SBR007. Diketahui, kupon pada SBR006 mencapai 7,95 persen, sementara SBR005 memiliki kupon lebih tinggi, yakni 8,15 persen.

Josua menjelaskan, keunggulan lain yang dimiliki SBR007 adalah tidak ada pengurangan pajak penghasilan (PPh) seperti pada deposito. Oleh karena itu, dilihat dari imbal hasil, SBR007 masih memiliki daya tarik yang kuat. Apalagi, rata-rata di secondary market untuk jangka waktu dua tahun masih berada di kisaran 6,3 persen.

"Ini masih menarik inevstor ritel yang sifatnya cenderung memegang sampai jatuh tempo," katanya.

Selain itu, Pemain fintech peer to peer lending PT Investree Radhika Jaya (Investree) kembali menjadi salah satu mitra distribusi (Midis) Penjualan Savings Bond Ritel SBR007.

Seluruh dana yang diterima melalui penerbitan SBR007 akan digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan pemerintah yang produktif terutama mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.

Dana tersebut akan dialokasikan salah satunya untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 di bidang pendidikan.

“Aktivasi akan kami lakukan secara online maupun offline. Melihat profil investor SBN di Investree yang didominasi oleh general milenial dengan rentang usia 21 tahun-35 tahun dan tersebar, kami optimistis bisa menggaet lebih banyak investor dengan karakteristik serupa karena SBR007," ujar Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi dalam keterangan tertulis, Kamis (11/7).

Sebagai nilai tambah bagi investor, Investree menghadirkan promo cash back hingga Rp 30 juta atau maksimal 1% dari pembelian SBR007 di platform Investree. Adrian bilang, promo ini sudah rutin berjalan sejak Investree pertama kali memasarkan Savings Bond Ritel SBR003 pada tahun 2018.

Berita Populer