•   Selasa, 31 Maret 2020
Sepakbola

Irfan Jaya Selamatkan Persebaya

( words)


SURABAYAPAGI, Surabaya- Persebaya Surabaya memastikan kemenangan 1-0 atas Persipura Jayapura dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (2/8) malam. Satu-satunya gol di laga ini dibuat oleh penyerang Persebaya, Irfan Jaya pada menit ke-32.

Di awal babak pertama, Persebaya masih tak terburu-buru melancarkan serangan. Baru di menit ke-7, Misbakus Solihin mendapat peluang. Namun, sepakan voli kaki kanannya di dalam kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Dede Sulaiman.

Sementara Persipura mengandalkan skema serangan balik mengandalkan Rivaldo Ferre. Terbukti, pergerakannya di menit ke-12 memaksa Rachmat melakukan pelanggaran yang berujung kartu kuning.

Persipura semakin meningkatkan serangan. Di menit ke-18, Inkyun mampu lepaskan umpan silang tapi peluang bisa diantisipasi oleh Miswar.

Kartu kuning juga diterima oleh pemain Persipura. Kali ini, Oh Inkyun yang mendapat kartu kuning di menit ke-23 karena telah melanggar Irfan Jaya. Tak lama, kiper Persipura Dede Sulaiman nyaris melakukan blunder tapi peluang Persebaya masih berakhir di atas mistar.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-32. Irfan Jaya menyambar umpan silang di sisi kanan dan menanduk bola ke dalam gawang. Persebaya unggul lebih dulu 1-0 dan hingga babak pertama berakhir skor bertahan.

Memasuki lima menit akhir babak pertama, Persipura melakukan pergantian dengan memasukkan Tibo menggantikan Ronaldo Wanma. Sebelumnya Persipura dapat peluang di mulut gawang tapi masih belum jadi gol.

Di babak kedua, Persebaya masih tampil menyerang. Damian Lizio mencoba masuk ke dalam kotak di menit-51 tapi bola bisa dihalau, hanya saja jatuh di kaki Misbakus yang lantas menyambarnya dengan sepakan keras. Sayang, tembakan Misbakus masih melambung.

Serangan berbahaya terjadi di menit ke-57, Irfan Jaya mendapat sodoran di dalam kotak dan meneruskannya kepada Amido Balde tapi Irfan dianggap sudah berada di dalam posisi off side saat menerima bola.

Peluang emas Persebaya terjadi di menit ke-62, Amido Balde menguasai bola di sisi kanan tapi terjadi salah komunikasi dengan Manuchekhr Jalilov. Bola Balde diberikan kepada Jali yang nampak tidak siap menerima bola hingga akhirnya Dede dengan cepat amankan bola.

Di menit ke-69, kapten tim Persipura Boaz Solossa digantikan oleh Ian Louis Kabes. Masuknya Ian membuat Tibo beroperasi sebagai ujung tombak.

Di menit ke-77, Andre Ribeiro diganjar kartu kuning karena nampaknya berkata yang tidak pantas kepada wasit. Pertandingan sendiri berlangsung cukup keras di pertengahan babak kedua. Tiga menit berselang, Persebaya dapat peluang melalui Otavio Dutra tapi ia sudah lebih dulu off side.

Di menit-menit akhir pertandingan, Irianto coba masuk dari sisi kiri. Ia teruskan bola kepada Jalilov yang berada di dalam kotak, tapi sepakannya bisa diredam oleh Dede.

Jali melepaskan tembakan keras di menit ke-88 tapi sepakan kerasnya bisa dihalau oleh Dede Sulaiman dan hanya membuahkan sepak pojok. Kans dari sepak pojok juga sempat membuat kemelut tapi akhirnya tak berbuah gol tambahan bagi Persebaya.

Rivaldo Ferre melepaskan sepakan keras kaki kiri, sangat berbahaya tapi bola dengan tenang diantisipasi oleh Miswar Saputra. Hansamu Kartu kuning kedua di menit ke-95. Persebaya pun harus tampil dengan sepuluh pemain. Namun, hingga pertandingan berakhir, Persebaya tetap unggul 1-0. sb

Susunan Pemain:
Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; Hansamu Yama Pranata, Otavio Dutra, Mokhamad Syaifuddi, Ruben Sanadi (Novan Setyo Sasongko’72), Rachmat Irianto, Misbakus Solikin, Damian Lizio, Irfan Jaya (Fandi Eko Utomo’89), Osvaldo Haay (Manuchekhr Dzalilov’58), Amido Balde.

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Muhammad Tahir, Ibrahim Conteh, Todd Rivaldo Ferre, Ronaldo Wanma (Titus Bonai’42), Boaz Solossa ( Ian Louis Kabes’69), In Kyun-Oh (Gunansar Mandowen’66).

Berita Populer