Isi Novel Shine Jessica Jung Tuai Kritikan Netizen

Jessica Jung saat rilis novel miliknya yang bertajuk “Shine”. SP/KC

SURABAYAPAGI.com, Korea – Rilis novel bertajuk “Shine”, Jessica Jung mantan personel Girls Generation (SNSD) menuai sorotan di media online lantaran isinya yang terkesan menilai negatif mantan grupnya, Girls Generation.

Novel yang menceritakan kisah seorang remaja Korea-Amerika yang pindah ke Korea Selatan untuk mengejar mimpinya menjadi bintang K-Pop itu dinilai netizen hampir bisa disebut sebagai otobiografi Jessica. Pasalnya, bukan hanya sekadar seperti otobiografinya, novel ini juga terkesan menggambarkan member grup Girls Generation secara negatif.

Dalam novelnya, Jessica menceritakan pemeran utama, Rachel Kim, masuk ke dalam grup beranggotakan sembilan perempuan, di bawah salah satu agensi hiburan terbesar di Korea Selatan. Dari sana, ia mencoba menyeimbangkan tekanan dari pusat perhatian dan mengejar kesuksesan sambil melawan perasaannya yang semakin besar terhadap anak emas K-Pop, Jason Lee.

"Yang benar-benar mengecewakanku tentang buku itu adalah betapa liciknya semua member terhadap satu sama lain. Aku tidak ragu bahwa kedengkian ini didasarkan pada kenyataan, tapi itu membuatku merasa sangat negatif dan akhirnya meletakkan buku itu," bunyi ulasan.

Ulasan lainnya menunjukkan bagaimana karakter utama selalu dikambinghitamkan dan bagaimana member lain digambarkan sebagai musuhnya. Namun banyak juga ulasan tentang betapa menyenangkan buku tersebut karena begitu jujur menunjukkan masalah di K-Pop.

"Kita semua tahu bahwa Jessica menusuk mereka dari belakang jadi bagaimana dia bisa dengan percaya diri menulis otobiografinya sendiri seperti itu?"

"Jika kau akan berperan sebagai korban setelah keluar dari grup, apa pendapat member lain?” pungkas salah satu netizen. dkp