Jadi Guru SD Sehari, Wali Kota Disuguhi Jawaban Polos Siswa Kelas 4

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat mengajar secara daring kepada puluhan pelajar SD Negeri dan Swasta se Kota Mojokerto, Rabu (16/9/2020) pagi. SP/ DWY

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari kembali mengajar secara daring kepada puluhan pelajar SD Negeri dan Swasta se Kota Mojokerto, Rabu (16/9/2020) pagi. Petinggi Pemkot Mojokerto ini memberikan materi pendidikan agama islam untuk pelajar kelas 4 secara live streaming dari rumah rakyat, di Jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto. 

Dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, Amin Wachid dan seluruh Kepala Sekolah SD se Kota Mojokerto, Ning Ita (sapaan akrab Wali Kota, red) menekankan materi tentang sikap anak sholeh.

Dari pantauan di lokasi, acara belajar mengajar secara online yang dimulai dari pukul 09.30 pagi hingga 10.30 ini berjalan secara santai. Bahkan, tak sedikit tawa canda ria mewarnai proses belajar mengajar tak langsung ini.

"Banyak jawaban polos dari siswa-siswi saat kita ajak interaktif dengan soal jawaban tadi. Sehingga membuat kita tertawa lepas mendengar jawaban mereka. Tapi saya menangkap mereka sangat memahami dan mengerti dengan materi yang kita ajarkan," terangnya.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini juga mengatakan, dalam pembelajaran singkat ini, ia ingin memotivasi seluruh siswa SD untuk tetap semangat belajar di rumah di era pandemi Covid-19 ini. 

"Kita semua prihatin, di usia mereka yang baru masuk 9 dan 10 tahun ini sudah di hadapkan pada kondisi kehidupan yang tak biasa. Mereka harus sabar tidak bisa masuk sekolah dan tidak bisa bertemu langsung dengan guru serta teman-temannya," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Ning Ita, ia beserta tim pendidik berupaya keras untuk menciptakan pola pengajaran yang menarik yang tak membuat mereka jenuh dan bosan belajar di rumah. "Ini PR besar bagi dunia pendidikan untuk menemukan sistem pengajaran yang tepat dan efektif yang dapat mencerdaskan semua siswa meski cara menimba ilmunya dari rumah," pungkasnya.

Sementara itu, selain mengajar secara daring, Ning Ita juga memberi hadiah handphone galaxy tab kepada dua orang siswa yang berhasil menjawab pertanyaan Ibu Wali Kota. Mereka yakni, Nayla dari SDN Kranggan 2 dan Ahmad Farhan dari SDN Balongsari 5. 

Keduanya berhasil menjawab dua pertanyaan Wali Kota terkait kejujuran saat mengerjakan PR dari rumah tanpa dibantu orang tua dan sikap amanah apakah yang harus dilakukan saat ditunjuk sebagai Ketua Kelas. dwy