•   Jumat, 6 Desember 2019
Kesehatan

Jangan Dengarkan Lagu ini Ketika Berkendara

( words)


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Mengemudikan mobil terasa kurang lengkap tanpa mendengarkan musik. Umumnya, hal pertama yang dilakukan setelah mobil berjalan adalah mencari gelombang radio favorit.
Bagi banyak orang, musik bisa mengusir rasa bosan dan penat. Terutama saat terjebak di kemacetan panjang, yang menjadi pemandangan setiap hari di Ibu Kota.
Tidak hanya stasiun radio, terkadang pengemudi atau penumpang memutar lagu dari ponsel mereka, sesuai dengan selera masing-masing. Tidak jarang, musik dengan nuansa ceria diputar demi membangkitkan semangat.
Namun ternyata, salah memilih lagu bisa berbahaya bagi pengemudi. Lagu dengan tempo musik yang melebihi 120 ketukan per menit berpotensi menimbulkan kecelakaan.
Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, banyak kasus pengemudi menambah laju kendaraan dan melakukan pelanggaran lalu lintas, gara-gara mendengar musik bertempo cepat.
Dari beberapa lagu tenar yang banyak diputar di radio maupun aplikasi musik online, ada lima yang dianggap paling berbahaya saat didengarkan. Berikut daftarnya:
Green Day – American Idiot
Miley Cyrus – Party In The USA
The Killers – Mr Brightside
The Chainsmokers – Don’t Let Me Down
Bruce Springsteen – Born to Run.

Selain lagu, volume yang dipasang pengemudi juga memengaruhi keamanan saat mereka berkendara. Tak hanya membuat pengemudi merasa terlalu bersemangat, volume kencang juga membuat mereka tidak bisa fokus dengan kondisi lalu lintas.

Berita Populer