Jatim Jadi Tuan Ruma Porwanas

SURABAYA PAGI, Surabaya - Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) akan dihgelar di Jawa Timur, 1- 6 September 2020. Dua kota yakni Malang dan Surabaya akan menjadi ajang bertanding para wartawan. Kepastian Porwanas 2020 di Jatim itu merupakan salah satu butir ketetapan Rapat Kerja Nasional Seksi Wartawan Olahraga (Rakernas SIWO ) PWI se Indonesia digelar di Banjarmasin.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Jatim, untuk menyukseskan Jawa Timur sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS) XIII Tahun 2020.

Permintaan itu disampaikan Gubernur Khofifah saat menerima audiensi dari Pengurus PWI dan SIWO Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (6/2/2020).

Khofifah mengtakan amanah Jatim sebagai tuan rumah PORWANAS tersebut harus dimanfaatkan dengan maksimal. Menurut Khofifah, ajang tersebut harus dikemas dengan meriah dan mampu membawa tetesan kesejahteraan bagi masyarakat Jatim. Utamanya, bagi daerah yang menjadi venue pertandingan yaitu Kota Malang, Kota Batu, Kab. Malang, dan Kota Surabaya.

Ketua Siwo PWI Jawa Timur Erwin Muhammad bersama jajaran Pemprov Jawa Timur mempresentasikan seluruh persiapan mulai venue, akomodasi, konsumsi, transportasi dan seluruh keperluan terkait Porwanas 2020. Selain 10 cabang olahraga prestasi, Porwanas juga melombakan dua olahraga tradisional dan dua kategori ketangkasan jurnalistik. Sepuluh cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah atletik, biliar, boling, bridge, bulu tangkis, catur, futsal, sepak bola, tenis dan tenis meja.

Selain pertandingan 10 cabor menurut Erwin , juga ada dua cabang olahraga tradisional yang akan dilombakan yakni sumpitan dan balap bakiak. Sementara dua lomba lainnya yang diikutsertakan yakni lomba karya tulis dan lomba foto Jurnalistik.

‘’Selaku tuan rumah, porwanas tahun ini juga melombakan olahraga tradisional diperuntukkan pengurus PWI dan anggota Siwo yang tidak bertanding di cabang olahraga pokok, dan lomba tradisional tersebut juga terbuka untuk seluruh kontingen PWI dari seluruh tanah air,’’tutur Erwin.

Porwanas 2020 Jatim akan memperebutkan 28 medali emas dari 10 cabang olahraga. Medali emas terbanyak diperebutkan dari biliar dan bowling masing masing 5 medali emas . Selengkapnya, ini cabang olahraga dan nomor-nomor yang dipertandingkan. Atletik mempertandingkan dua nomor dengan dua medali emas.sb01