Jelang Haji 2020, Corona di Arab Saudi Tembus 200 Ribu

Ilustrasi

SURABAYAPAGI.COM, Riyadh – beberapa pekan menjelang dimulainya ibadah haji pada tahun ini, kasus virus Corona (covid-19) di Arab Saudi telah melampaui angka 200 ribu kasus.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (4/7/2020), Kementerian Kesehatan Saudi melaporkan 4.193 kasus baru Corona sepanjang Jumat (3/7) waktu setempat. Dengan demikian, sebut Kementerian Kesehatan Saudi, total 201.801 kasus Corona kini terkonfirmasi di wilayah Saudi.

Sedangkan kasus kematian akibat covid-19 dilaporkan mencapai 1.802 jiwa. Sementara itu, pasien sembuh tercatat sebanyak 140 ribu pasien.

Di tengah pembatasan ketat yang masih diberlakukan untuk membatasi penyebaran virus Corona, Kerajaan Saudi akan mengizinkan hanya sekitar 1.000 jemaah yang sudah hadir di wilayahnya untuk ikut dalam ibadah haji yang dimulai akhir bulan ini.

Ibadah haji tahun ini digelar di bawah protokol higienis yang ketat, dengan akses hanya dibatasi untuk jemaah di bawah 65 tahun dan yang tidak memiliki riwayat penyakit kronis. Para jemaah haji akan diperiksa setibanya di kota suci Mekah.

Kemudian setelah menjalani ritual ibadah haji, para jemaah akan menjalani karantina di rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Otoritas Saudi melihat kenaikan cukup signifikan untuk total kasus positif dan kematian akibat Corona di wilayahnya, sejak pembatasan pergerakan dilonggarkan pada akhir Mei lalu. Sejauh ini, Saudi belum membuka kembali penerbangan internasional yang ditutup imbas Corona.