Jelang Puasa, Fraksi Hanura - Nasdem Usulkan Sembako Untuk Warga Miskin

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Fraksi Hanura - Nasdem Perjuangan (FHNP) DPRD kota Pasuruan menginisiasi penanggulangan dampak sosial dan ekonomi akibat virus Covid-19 (Corona).

Langkah ini diambil setelah melihat fakta di lapangan, penanganan pencegahan virus corona di Kota Pasuruan yang sudah dilakukan pemerintah yaitu langkah edukasi dan preventif, mulai tindakan protokol kesehatan sampai tindakan sosial distance yaitu mengurangi penumpukan massa.

Swiping membubarkan kerumunan massa pun sudah dilakukan oleh pemerintah bersama Polisi dan TNI. Baru-baru ini Forkopimda menerapkan Physical Distancing dengan menutup beberapa ruas jalan.

Kondisi ini sangat berpengaruh pada kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat yang aktifitas usahanya terganggu.

Ketua FHNP, Abdul Ghofur, A.Md menuturkan, melihat kondisi tersebut, apalagi akhir bulan April sudah masuk Ramadhan, FHNP mengusulkan untuk memberikan stimulan berupa bantuan sembako kepada masyarakat miskin. "Usulan pemberian sembako kepada masyarakat miskin hanya di berikan menjelang puasa. Agar masyarakat lebih tenang menghadapi bulan Ramadhan," ucapnya.

Pihaknya sudah komunikasi dengan Bapelitbangda membahas sisi anggarannya. Sisi teknisnya akan dibahas lebih lanjut dengan pemerintah. "Dari sisi anggaran hal tersebut bisa dimungkinkan dengan menggeser anggaran di OPD (Organisasi Perangkat Daerah), "ujar Ghofur.

Dari komunikasi dengan Bapelitbangda, kita fokuskan kepada masyarakat miskin yang sudah masuk DBT (Data Bis Terpadu) menjelang puasa. FHNP juga mengusulkan memberi stimulan kepada pelaku usaha kecil dan mikro serta pedagang kaki lima. Namun hal itu masih perlu pembahasan yang lebih dalam.

Usulan tersebut akan disampaikan ke pemerintah dalam bentuk surat resmi yang ditembuskan ke Pimpinan DPRD kota Pasuruan. "Besok kami akan layangkan surat resmi ke Pemkot Pasuruan dan tembusannya ke Ketua DPRD Kota Pasuruan. Semoga inisiatif atau usulan FHNP bisa segera ditindak lanjuti, "harap Ghofur. (dir)