Jemaah Ungkap Kegembiraan, Masjid di Turki Kembali Dibuka

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 30 Mei 2020 10:19 WIB

Jemaah Ungkap Kegembiraan, Masjid di Turki Kembali Dibuka

i

Blue Mosque. SP/ Foto: Getty Images

SURABAYAPAGI.com, Ankara - Masjid-masjid di Turki dibuka kembali untuk salat berjemaah setelah lebih dari dua bulan ditutup. Ini dilakukan seiring pemerintah Turki secara bertahap melonggarkan pembatasan yang diterapkan untuk mengendalikan penyebaran virus Corona.

Sejak Mei ini, Turki telah memulai "new normal" dengan melonggarkan langkah-langkah lockdown (penguncian) dan membuka kembali mal, tempat pangkas rambut dan salon-salon.

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah mengatakan bahwa tempat-tempat lainnya  seperti restoran dan kafe serta perpustakaan, taman dan pantai -- akan dibuka kembali mulai Senin, 1 Juni mendatang.

Begitu dibuka pada Jumat (29/5) waktu setempat, ratusan jemaah melakukan salat Jumat di luar dan di dalam Blue Mosque (Masjid Biru) di kota Istanbul untuk pertama kalinya sejak masjid-masjid ditutup pada Maret lalu. Para jemaah mengenakan masker. Di masjid bersejarah tersebut, para petugas tampak memberikan disinfektan dan karpet sekali pakai kepada para jemaah.

Baca Juga: Awas Covid-19 Varian Kraken, Tingkat Penularannya Cepat

Seorang jemaah, Gulcek Uyanik (55) sangat gembira atas dibukanya kembali masjid.

"Saya telah menunggu lama untuk ini. Saya sudah banyak berdoa. Saya bisa mengatakan ini seperti kelahiran baru, terima kasih pada Tuhan, Dia telah membawa kita kembali ke sini," ujarnya seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (30/5/2020).

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dinkes Kabupaten Mojokerto Tetap Siagakan Ruang Isolasi

Kegembiraan senada disampaikan jemaah lainnya, Asum Tekif (50). "Ini sudah lama, kami merindukan masjid," tuturnya. (dc/cr-01/dsy)

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU