•   Rabu, 11 Desember 2019
Pilpres 2019

Jenderal TNI Sahabat Prabowo, Malah Dukung Jokowi

( words)
Muchdi PR


Jaka Sutrisna - Erick Kresnadi,
Wartawan Surabaya Pagi.
Jenderal (Pur) Muchdi Pr, sahabat dan teman dekat Capres Prabowo, bikin kejutan. Pria yang saat Pilpres 2009 menjadi tim sukses Prabowo, kini malah mendukung Capres Jokowi. Muchdi, bersama sejumlah Purnawirawan jenderal berbagai angkatan, mendeklarasikan pemenangan Capres Jokowi-Ma’ruf Amin.
Muhdi, termasuk para senior TNI AD, di antaranya mantan KSAD seperti Jenderal Pur Wismoyo Arismunandar, Jenderal Pur Soebagyo HS, Jenderal Pur Fahrur Rozi, hingga Jenderal Pur Agum Gumelar, sepakat bulat mendukung Joko Widodo sebagai Presiden RI, 2019-2024.
Dilaporkan, para purnawirawan TNI/Polri berkumpul di JI Expo Kemayoran, Minggu (10/2/2019). Purnawirawan ini mendeklarasikan dukungan pada Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai Presiden 2019-2024.
Mayjen (Purn) Muchdi, saat ini tercatat Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya. Partai ini dipimpin Tommy Soeharto, putra bungsu Soeharto.
Menanggapi dukungan tersebut, Pengamat Intelijen dan Militer, Ridlwan Habib menilai, dukungan para purnawirawan menjadi pukulan telak bagi kubu Prabowo Subianto. Pasalnya, para senior dan teman Prabowo di militer justru mendukung Jokowi.
“Itu dukungan yang saya kira sangat menyesakkan dada kubu pak Prabowo. Sebab, senior senior dan teman pak Prabowo malah mendukung Jokowi,” ujar Ridlwan Habib di Jakarta, Minggu (10/2/19).
Tahu kualitas Junior
Disebut Ridlwan, para senior TNI tentu sangat tahu kualitas Prabowo sebagai junior mereka. Apalagi beberapa yang mendukung Jokowi merupakan atasan Prabowo saat masih aktif di militer, sehingga paham benar kemampuan Prabowo.
“Dalam tradisi militer, seorang senior berperan sebagai Abang, kakak asuh, sekaligus pelatih bagi adik angkatannya. Ini seniornya saja tidak percaya pada Prabowo dan justru mendukung Jokowi yang sipil,” kata Ridlwan.
Ridlwan menjelaskan, dukungan ribuan purnawirawan yang tergabung dalam tiga induk organisasi itu berdampak signifikan. Dikatakan Ridlwan, dukungan tersebut bisa mendongkrak elektabilitas Jokowi-KH Ma’ruf Amin. “Mereka mempunyai jejaring yang luas dan solid. Jadi, dukungan mereka sangat bisa berdampak besar,” pungkas Ridlwan.
Sebagaimana diketahui, para purnawirawan TNI AD yang mendukung Jokowi bergabung dalam induk organisasi relawan “Cakra 19”, purnawirawan TNI AU pada “Elang 01” dan purnawirawan TNI AL melalui “Jala Nusantara”.
Para purnawirawan yang hadir selain Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, Letjen TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, juga Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh.
Hadir juga Laksamana Madya TNI (Purn) Freddy Numberi dan Marsekal (TNI) Agus Supriyatna, Jenderal Pol (Purn) Bimantoro, Jenderal Pol (Purn) Roesmanhadi dan Jenderal Pol (Purn) Da’i Bachtiar. n

Berita Populer