•   Senin, 9 Desember 2019
Ekonomi NKRI

Johnny Berambisi Ciptakan Startup Kelas Hectacorn

( words)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru Johnny Gerard Plate


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Setelah dilantik menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru Johnny Gerard Plate berambisi menciptakan perusahaan rintisan (startup) setingkat Hectacorn, yaitu perusahaan rintisan dengan nilai valuasi minimal US$100 miliar.

"Indonesia harus mampu menghasilkan lebih banyak unicorn, decacorn, dan kalau bisa kita punyastartup dengan skala US$100 miliar," ujar Johnny usai serah terima jabatan di Gedung Kominfo, Rabu (23/10/2019).

Sejauh ini, Indonesia baru memiliki empat startup unicorn yang valuasinya USD 1 miliar yang dipegang oleh Traveloka, Tokopedia, Bukalapak, dan Ovo. Sedangkan gelar decacorn sudah diraih oleh Gojek yang valuasinya USD 10 miliar.

Menurut Johnny, peran pemerintah sebagai regulator juga harus merangkap menjadi fasilitator agar perusahaan rintisan dapat tumbuh pesat. Mempermudah regulasi juga menjadi cara yang akan dilakukan oleh Johnny.

"Nanti kan banyak ahlinya, yang pasti dilakukan adalah kemudahan, peran regulator menjadi juga fasilitator seperti yang disampaikan untuk mempercepat kesempatan-kesempatan, khususnya di bidang digital sebagai tempat selancarnya para milenial, itu akan jadi perhatian besar," tuturnya.

"Tapi, untuk itu, tentu kita perlu regulasi-regulasi yang memungkinkan selancar itu dilakukan dengan baik," kata pria berkacamata ini.

Berita Populer