•   Senin, 20 Januari 2020
Pilpres 2019

Jokowi Bagi-bagi Tanah untuk Pekerja PTPN

( words)
Presiden Jokowi bertemu pegawai PTPN di Istana Negara


SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengundang Federasi Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara ke Istana Merdeka, Kamis, 21 Februari 2019. Masalah kesejahteraan yang belum diberikan, menjadi salah satu perbincangan.
Menteri BUMN Rini Soemarno yang turut mendampingi mengatakan, Presiden Jokowi sempat menyinggung soal kesejahteraan para pekerja.
"Jadi Bapak Presiden meminta kepada saya untuk melihat bagaimana bila karyawan-karyawan dari perkebunan ini, yang sudah mengabdi 10 tahun ke atas bisa mendapatkan lahan 1.000 meter persegi," jelas Rini, usai pertemuan.
Menurutnya, cara ini, selain agar para pekerja mendapatkan hak tinggal yang tenang, juga agar pekerja memiliki tanggung jawab bahwa mereka menjaga tanah mereka. Bukan sekadar menjaga milik negara.
Dengan diberi tanah, maka pekerja perkebunan diharapkan bisa lebih tenang dalam bekerja tanpa takut akan tersingkirkan.
"Sehingga mereka mendapatkan ketenangan tinggal di sana. Punya tempat tinggal yang permanen, sehingga mereka juga komitmen untuk menjaga kebun-kebun ini juga menjadi tinggi," ujar Rini.
Agenda ini, kata Rini, sebenarnya sebagai pengganti acara lokakarya pagi tadi, yang tidak dapat dihadiri oleh Presiden Jokowi.
Jokowi berpesan, mengingat luasnya lahan perkebunan nusantara, diharapakan bisa memberi kesejahteraan pada pekerja dan juga masyarakat sekitarnya.
"Pak Presiden menekankan betul bahwa perkebunan nusantara ini harus betul-betul memikirkan karyawannya," kata Rini.

Berita Populer