•   Rabu, 16 Oktober 2019
PERISTIWA

Jokowi Harap KA Bandara Urai Kemacetan

( words)
Presiden Joko Widodo saat naik kereta bandara


SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) berharap adanya Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta dapat mengurai kemacetan yang ada di Jakarta. Hal itu menjadi penting dilakukan karena berkaitan erat dengan akselerasi pertumbuhan ekonomi dari waktu ke waktu.

"Alhamdulillah setelah tiga tahun bekerja keras mengerjakan kereta bandara. Akhirnya, pada pagi ini. Kereta bandara merupakan salah satu moda transportasi Jakarta untuk mengurangi kemacetan," kata Jokowi, di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 2 Januari 2018.
Menurutnya kereta Bandara ini merupakan moda transportasi massal yang nyaman. Jika diintegrasikan dengan moda transportasi lain seperti Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), dan Transjakarta, KA Bandara ini akan meminimalisir penggunaan mobil pribadi di Jakarta.

"Kalau sudah terintegrasi MRT, LRT, busway, kereta bandara, dan kereta cepat. Kita harapkan masyarakat sudah tidak banyak lagi menggunakan mobil pribadi. Semua berpindah ke transportasi umum yang aman dan nyaman," ungkap dia.

Seperti diketahui, KA Bandara Soekarno-Hatta melalui rute sejauh 37,6 Km yang ditempuh dalam waktu 55 menit. Jalur KA Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 25,3 Km merupakan jalur KA existing dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Batu Ceper, sedangkan 12,3 Km jalur KA dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta merupakan jalur KA baru.

Nilai investasi untuk penyelenggaraan perkeretaapian KA Bandara Soekarno Hatta sebesar Rp3,6 triliun yang dibiayai oleh tiga perusahaan yakni, PT Railink, PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Guna mendukung pengoperasian KA Bandara Soekarno-Hatta, telah dilakukan berbagai pekerjaan seperti pembangunan jalan rel dan jembatan, pekerjaan persinyalan dan telekomunikasi, pembangunan gardu listrik aliran atas, pembangunan Stasiun Sudirman Baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

Pada awal pengoperasian, KA Bandara Soekarno-Hatta akan melayani penumpang dari Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta. Setiap harinya disiapkan 42 perjalanan dengan headway 60 menit.

Jadwal keberangkatan dari Stasiun Sudirman Baru mulai pukul 03.51 WIB dan keberangkatan akhir pukul 21.51 WIB. Jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandara Soekarno-Hatta mulai pukul 06.10 WIB dan berakhir pukul 23.10 WIB.

Berita Populer