•   Kamis, 17 Oktober 2019
Kriminal

Jual Emas Palsu, Ibu Rumah Tangga Diciduk

( words)
Pelaku diamankan Reskrim Polsek Tegalsari. Foto: SP/JULIAN


SURABAYA PAGI, Surabaya - Seorang ibu rumah tangga bernama Ririt (41) asal Situbondo ini nekat pergi ke Surabaya hanya untuk menjual dua buah anting emas. Bukan anting biasa, dua buah anting itu merupakan anting emas palsu.
Awalnya, Riris datang ke Surabaya bersama Jayadi (DPO) kekasihnya. Atas perintah Jayadi itulah, Riris menjual anting yang diberikan ke seorang pembeli emas di Pasar Kembang Surabaya.
"Usai dijual, korban memberikan uang satu juta lima puluh ribu. Namun setelah diperiksa, ternyata anting emas tersebut palsu. Dari situ, korban mengejar tersangka R ini," beber Kapolsek Tegalsari, Kompol Rendy Surya Aditama, Jumat (10/5).
Korban yang merasa tertipu segera mengejar tersangka sambil berteriak.
"Teriakan itu kemudian didengar oleh anggota Reskrim yang kebetulan berada di pasar tersebut untuk giat kring serse. Korban dibantu warga dan anggota kami kemudian berhasil mengangkap tersangka R sedangkan J berhasil kabur dan masih kita kejar," tambahnya.
Dari pengakuan Ririt, ia tak menyangka jika anting yang hendak dijualnya itu palsu. Sebab, ia hanya diberi mandat oleh sang kekasih, Jayadi untuk menjualnya. "Saya tidak tahu kalau palsu, saya hanya jual saja. Itu sudah ditimbang, trus sudah dibayar, gak lama saya dikejar katanya palsu," aku Ririt.
Sementara itu, uang hasil penjualan sebesar Rp 1.050.000 itu telah dibagi dua oleh pelaku. Ririt mendapat 200 ribu dan Jayadi membawa 850 ribu. Saat diteriaki itulah, Jayadi malah menggeber motornya meninggalkan Ririt sendiri hingga tertangkap.n fir/jul

Berita Populer