•   Minggu, 5 April 2020
Hobi

Kamera Canon Terbaru, ’Body Only’ Rp 110 Juta

( words)
Model menjajal kamera Canon EOS-1D X Mark III yang resmi diluncurkan di Indonesia, Jumat 21 Februari 2020.


SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kamera terbaru Canon, EOS-1D X Mark III, resmi diluncurkan di Indonesia, Jumat (21 Februari 2020). Kamera upgrade dari EOS-1D X Mark II itu dibanderol dengan harga Rp 110 juta ’body only’ alias tanpa lensa.

Direktur Divisi Canon PT Datascrip, Merry Harun, mengklaim EOS-1D X Mark III merupakam seri kamera yang dinantikan oleh para fotografer. "Dan ini akan menjadi flagship (kelas premium)," ujar dia di Holiday Inn Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (21 Februari 2020).

Alasannya,Canon menghadirkan sensor CMOS full-frame 20,1 megapiksel dengan filter low-pass ’detail tinggi’ baru pada EOS-1D X Mark III. Seri terbaru juga disebutkannya memiliki prosesor gambar Digic X dan Digic 8 yang dapat memberikan hingga 3,1x pemrosesan gambar dan 380x kinerja Dual CMOS AF yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Kamera profesional baru ini memungkinkan rentang ISO ditingkatkan dari 100-1,02.400 (dapat diperluas ke 50-8,19.200). Saat menggunakan jendela bidik optik, pengguna mendapatkan 191 titik AF, dengan 155 di antaranya adalah tipe silang.

Danni Nahason, Assistant Marketing Manager Canon Division PT Datascrip menambahkan, EOS-1D X Mark III memiliki teknologi mutakhir di jajaran kamera EOS. "Mulai dari quality, speed dan durability-nya," kata dia.

Dia menerangkan, prosesor Digic X menghasilkan foto berkualitas tinggi dengan speed yang sangat tinggi. Dengan body gelap dengan sedikit tekstur, kamera memiliki kemampuan pengambilan gambar secara continuous dengan kecepatan 16 fps pada pemotretan melalui viewfinder dan 20 fps pada mode Live View dengan mode RAW dan RAW + JPEG serta AF/AE tracking.

Dalam Live View, terdapat sistem Dual Pixel CMOS AF Canon dengan 3.869 titik AF yang dapat dipilih secara manual. EOS-1D X Mark III juga memiliki kemampuan Eye Detection dan Head Detection menggunakan algoritma AI ’deep learning’.

Menurut Dani, dari segi video, kemampuan kamera Canon terbaru ini juga cukup mengesankan. Kamera dapat merekam video 12-bit, 5,5K RAW secara internal dan video 4K pada 60fps, di Canon Log dengan pengambilan sampel warna 10-bit 4: 2: 2.

"Fitur lain termasuk dukungan untuk stills 10-bit dalam format gambar HEIF; Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS bawaan; Port Gigabit Ethernet; dan tubuh yang terlindung dari debu dan cuaca," tutur Dani.

Baterai dalam Canon EOS-1D X Mark III dinilai bisa bertahan hingga menangkap 2.850 bidikan per pengisian daya. Bobot kamera profesional ini adalah 1,4 kg, dengan dimensi 158 x 168 x 83 mm. "Harga Rp 110 juta itu sudah termasuk kartu memori 512GB CFExpress dan pembaca kartu yang sesuai," kata Dani.em

Berita Populer