Kampung Tangguh di Lamongan Dilengkapi Lumbung Pangan

Kapolres Lamongan AKBP Harun saat mengecek ruang lumbung pangan di Kampung Tangguh Covid-19. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Kampung tangguh Desa Tanggap Covid-19 di Lamongan sudah berdiri. Kampung tangguh yang dilengkapi berbagai sarana dan prasarana tersebut, berada di Desa Surabayan Kecamatan Sukodadi Lamongan.

Bahkan kampung tangguh yang berada di tepi jalan Nasional Babat-Lamongan ini, dilengkapi lumbung pangan yang diharapkan mampu menyimpan logistik kebutuhan pangan warga.

"Tadi saya sudah lihat dari dekat, kampung tangguh covid-19 di Desa Surabayan ini sudah dilengkapi berbagai sarana penunjang," kata Kapolres Lamongan AKBP Harun, Rabu (27/5/2020).

Saran penunjang kata Harun panggilan akrab Kapolres Lamongan, selain terdapat lumbung pangan, sarana lain yang sudah disiapkan adalah ruang informasi, ruang isolasi, ruang kesehatan, gudang, pos penjagaan pintu keluar/masuk Desa Surabayan, dan ruang ganti bagi para pekerja pulang pergi.

Dalam kesempatan  itu Harun meminta kepada aparat yang terlibat langsung dalam Kampung Tangguh ini, untuk terus bersama-sama memerangi dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Dalam penanganan Covid-19 harus secara bersama-sama, tidak tepat penanganan ini dibebankan kepada aparat, sehingga semuanya stakeholder harus terlibat sesuai dengan kapasitasnya," pintanya.

Selain itu ia juga berharap agar aparat untuk selalu ikut memberdayakan ketahanan pangan bagi warga, agar ada kegiatan yang positif dan produktif meski dilakukan di dalam rumah. Ia juga berharap kepada aparat untuk segera membuatkan bilik sterilisasi/ganti baju bagi warga yg bekerja Pulang pergi (PP).

Dan mulai saat ini harus terus melakukan sosialisasi keberadaan kampung tangguh/kampung tanggap Covid-19 guna masyarakat mengerti. Terakhir dalam kesempatan itu Harun meminta dibuatkan forum group WA guna bisa mengakses informasi dari warga masyarakat, dan dibuatkan buku tamu jika ada tamu dari luar desa, serta lakukan pengecekan kesehatan terhadap tamu tersebut.jir