Karena Lapar dan Miskin, Manusia bisa Jahat

Kriminolog Ubhara Surabaya, Joko Sumaryono

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Saat ini, kejahatan bisa terjadi karena desakan ekonomi yang harus tercukupi. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 ini. Cukup banyak yang terdampak.

Bahkan, ada slogan yang mengatakan, Homohomonilupus yang artinya manusia adalah serigala sesamanya karena kelaparan karena kemiskinan.

Maka manusia bisa bersikap jahat kepada siapapun asal kebutuhannya terpenuhi.

Jadi, untuk menekan kondisi seperti ini, kewajiban Polri sebagai aparat penegak hukum harus lebih ekstra dalam menindak tegas segala perbuatan yang telah memenuhi unsur pidana.

Tidak ada toleransi bagi para pelaku kajahatan diwilayah hukumnya, Polri harus melaksanakan tugasnya yaitu sebagai garda terdepan dalam penegakan hukum di Indonesia.

Selain itu sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar Negara 1945, menyebutkan fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Artinya kemiskinan kelaparan di masa Pandemi Covid-19 ini seharusnya wajib dan mutlak hukumnya, menjadi tanggung jawab pemerintah.

Yah, banyak cara yang harus dilakukan oleh pemerintah, misalkan contoh pemberian stimulus kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Itu sudah merupakan upaya untuk mempertahankan kehidupan masyarakat di masa pandemi. tyn