•   Senin, 16 September 2019
Bisnis Makro

Kemendag Siapkan Bawang Putih Impor Jelang Ramadhan

( words)


SURABAYAPAGI.com - Kementerian Perdagangan menyatakan produk bawang putih impor siap membanjiri pasar tradisional di Tanah Air untuk menurunkan harganya, yang kini masih tinggi di kisaran Rp48.000/kg-Rp50.000/kg, menjelang Ramadhan ini.
Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina usai memantau operasi pasar bawang putih di Pasar KM 5, Palembang, Minggu, mengatakan pemerintah sudah mengeluarkan persetujuan impor bawang putih sebanyak 115 ribu ton untuk delapan pengekspor yang secara bertahap barangnya telah tiba di Indonesia.
"Saat ini, kapal-kapal pengangkut bawang putih impor ini sudah masuk Indonesia. Secara bertahap akan tiba semua sesuai surat izin," katanya.
Ia mengatakan pasokan 115 ribu ton itu diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri hingga beberapa bulan ke depan.
Seratusan ton bawang putih ini secepatnya akan dikirim ke pasar-pasar tradisional untuk memenuhi gudang-gudang distributor yang mulai kosong.
Selain itu, juga akan dilakukan operasi pasar, yang khusus menyasar pedagang-pedagang pengecer dengan ketentuan mereka harus menjual seharga Rp30.000/kg karena membeli ke pemerintah hanya Rp22.500/kg.
Pada 2018, pemerintah mengimpor 450 ribu ton bawang putih dan ternyata masih ada kelebihan. Kelebihan itu, diperkirakan pemerintah dapat mencukupi kebutuhan Januari hingga April 2019, namun para distributor besar tidak menginginkan gudang-gudangnya kosong sehingga tidak semuanya dilepas ke pasar.
Berkaca dari hal ini, lanjut Srie, pemerintah sudah memutuskan bahwa pada 2019 dinaikkan kuota impor bawang putih menjadi 520 ribu ton.

Berita Populer