Kemensos : Sembako Kualitas Buruk Bisa Ditukar

Ilustrasi sembako

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Di tengah pandemic covid-19 yang menyengsarakan masyarakat, salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat adalah dengan memberikan bantuan social berupa sembako.

Namun, tak jarang bantuan sembako yang didapat memiliki kualitas yang tidak bagus.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin mengatakan, warga dapat langsung menukar jika bantuan social (Bansos) sembako yang diterima memiliki kualitas produk kurang bagus.

"Ketika ada ketidaksesuaian (produk), sampaikan saja, nanti akan kami tindaklanjuti untuk segera diganti," kata Pepen Nazaruddin dalam siaran pers Kemensos di Jakarta, Minggu (31/5/2020).

Imbauan itu disampaikan Pepen ketika melakukan pemeriksaan kualitas bantuan sembako di Kelurahan Sepanjang Jaya, Kecamatan Rawa Lumbu, Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu (30/5) sore.

Menurutnya, kemunculan produk dengan kualitas yang tidak sesuai biasanya terjadi pada beras karena diambil dari berbagai pemasok dan kualitas beras yang beragam. Pepen menegaskan bahwa pemerintah akan tetap menjaga bansos yang diberikan berkualitas dan sesuai standar kualifikasi beras premium.