•   Rabu, 16 Oktober 2019
BisnisUkm

Kemkominfo Ajak UMKM untuk Go Global

( words)


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia. Jumlah penduduk yang besar dan penetrasi pengguna internet yang mencapai lebih dari 132 juta, merupakan faktor yang mendorong Indonesia menjadi pasar bagi transaksi online terbesar di Asia.

Pemerintah Indonesia telah menyusun Peta Jalan E-Commerce Nasional, hasil kolaborasi lebih dari 8 kementerian dan lembaga pemerintah lainnya, yang jika terimplementasikan tepat waktu maka terproyeksikan nilai transaksi E-Commerce sebesar US$ 130 Milyar pada tahun 2020. Menurut data Kemkominfo 2018 sebanyak 9,61 juta unit umkm sudah memanfaatkan platform online.

Mengingat pentingnya edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang pemanfaatan E-Commerce serta meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM Indonesia yang akan menyasar para pelaku di seluruh Indonesia, Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim mengadakan kegiatan “UMKM Scale Up!: Potensi Lokal, Raih Pasar Global”, Rabu (8/5) di Surabaya.

Septriana Tangkary SE., MM., Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendidik dan mendorong masyarakat untuk memaksimalkan marketplace dalam transaksi dagang (E-Commerce) serta pengembangan industri melalui jualan online dengan skala global selain itu untuk mensosialisasikan gerakan “Ayo UMKM Jualan Online”.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Septriana Tangkary SE., MM., Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, yang memaparkan program pemerintah dan dukungannya terhadap peningkatan potensi UMKM.

Para peserta uga mendapatkan gambaran dari Mufid Wahyudi, Dipl. Adv., BA., CPBC., Praktisi Ekspor Impor, yang membahas pengalamannya dalam melakukan kegiatan ekspor impor.

Sementara Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM., President ICSB Surabaya, yang membahas tentang pendampingan para UMKM untuk dapat meningkatkan kualitas produk sehingga dapat bersaing di pasar global.

Serta perwakilan dari marketplace, Ivone Andayani dari Blanja.com, membahas tentang potensi E-Commerce di Indonesia yang dapat membantu UMKM memasuki pasar global. sg

Berita Populer