Kesalahan, Logo PDIP Dijadikan Lambang Sila Keempat Pancasila

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 09 Sep 2020 09:43 WIB

Kesalahan, Logo PDIP Dijadikan Lambang Sila Keempat Pancasila

i

Logo PDIP muncul di sila keempat Pancasila. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Logo PDIP muncul dijadikan lambang sila keempat dalam program belajar daring yang disiarkan salah satu televisi lokal di Surabaya. Akibat siaran tersebut akhirnya ramai Beredar cuitan di twitter milik @chandra_ds tentang simbol Pancasila sila ke-4 yang bergambar lambang banteng khas PDIP, viral di medsos.

Video di twitter tersebut diunggah pada Selasa (8/9/2020), pukul 12.09 WIB. Pada tweet pertama ini, akun tersebut menampilkan screenshot program tersebut beserta logo PDI Perjuangan yang terpampang serta gambar materi.

Baca Juga: Kesadaran Politik Anak Muda Makin Tumbuh, Santri Jombang Antusias Diskusi Bareng Gus Sadad

Tweet kedua, akun @chandra_ds mencuitkan tweet "Kesalahan sangat fatal pada materi program pembelajaran GURUku untuk kelas 1 SD disiarkan @sbotv pagi ini tgl 8 September 2020. Lambang sila 4 kepala banteng tapi gambarnya lambang PDI-P. @e100ss @dispendiksby1 @BanggaSurabaya @SapawargaSby

Di cuitannya yang keduanya, akun @chandra_ds menyertakan video program dari SBO TV. Di video tersebut terlihat presenter yang membawakan acara. Di belakangnya tampak layar materi yang muncul gambar lambang PDIP. Video itu kini telah disaksikan sebanyak 9.057 kali dan ada 216 retweet serta 182 yang menyukai.

Baca Juga: Gerindra Isyaratkan Usung Kader Sendiri di Pilbup Lamongan

Dalam video tersebut, presenter wanita tersebut mengucapkan "Sila ke-4 pancasila, yang berbunyi kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang dilambangkan dengan kepala banteng. Nah anak-anak kepala banteng ini, kenapa kepala banteng Bu Vita? Karena banteng itu merupakan hewan yang suka berkelompok seperti warga Indonesia anak-anak, kita suka bekerja sama, kita suka bermusyawarah meskipun dalam masa pandemi seperti ini. Dalam masa pandemi seperti ini, tapi kita juga tetap bermusyawarah, berdiskusi melalui media sosial, seperti itu ya anak-anak," ujar presenter di video tersebut.

Pihak SBO TV pun tengah melakukan pembahasan secara internal. Karena, pihaknya tidak dapat memutuskan sendiri secara sepihak tentang logo PDIP itu. Bahkan rencananya, stasiun televisi lokal ini akan melakukan pembahasan dengan guru-guru. Diskusi itu akan digelar pada Rabu (9/9/2020).

Baca Juga: Yusril tak Khawatir Hadapi Saksi Kapolda yang Diajukan PDIP

"Saat ini kita masih melakukan pembahasan internal perihal ini," kata salah seorang dari pihak SBOTV, Nur Ulfainyy. dsy1

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU