Ketua DPRD Surabaya Gelar Turnamen Catur Cepat G20

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kabar gembira bagi atlet mapun pegiat olahraga catur. Kali ini DPRD Kota Surabaya mengadakan Turnamen Piala Ketua DPRD Surabaya Cup 1, Catur Cepat G20 Se-Surabaya. Ajang bergengsi ini pertama kalinya diselenggarakan di kota Pahlawan. Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mengatakan, saat ini perlombaan olahraga strategi tersebut kurang gebyar di Surabaya. Oleh karena itu, untuk menambah semangat atlet maupun penggemar olahraga ini bisa menambah jam terbang mereka.
Perlombaan ini nanti akan diselenggarakan di Gedung DPRD Kota Surabaya pada Sabtu (6/4) mendatang. “Selama ini kan banyak turnamen catur gala desa di kampung, warung, itu banyak sekali. Selain ada piala Wali Kota dan KONI, kita tambah Piala Ketua DPRD ini. Jadi biar skil mereka lebih terasah lagi,” kata Armuji, Kamis (4/4/2019).
Perlombaan ini terbuka untuk umum dan tidak ditentukan dengan usia maupun tingkatan skill. Menurut Armuji, olahraga ini bermain menggunakan strategi dan pikiran, sehingga siapa pun bisa mengikutinya. “Ini kan beda dengan olahraga lainnya, bisa saja yang masih muda mengalahkan yang dewasa. Begitu juga sebaliknya, dengan begitu bisa dilihat bibit dan potensi baru atlet catur di Surabaya,” tutur Armuji yang biasa disapa Cak Ji ini.
Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta hanya dengan membayar biaya Rp 15.000 dan mendapatkan free satu kali makan siang. Persyaratannya juga mudah, yaitu menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Surabaya, wajib menyediakan peralatan catur, berpakaian rapi dan bersepatu.
Dalam kejuaraan ini, terdapat juga hadiah jutaan rupiah. Untuk juara satu peserta akan memperoleh uang senilai Rp 1 juta, juara ke dua mendapat Rp 700 ribu, ke tiga Rp 500 ribu dan masih banyak lagi hadiah menarik lainnya. Perlombaan ini nantinya akan dimulai pada pukul 09.00 Wib di Gedung DPRD Kota Surabaya Jalan Yos Sudarso No. 18-22 Kota Surabaya. “Turnamennya dari pagi sampai sore nanti,” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Persatuan Catur Indonesia (Percasi) perwakilan Kota Surabaya Budi Laksono mengatakan, lomba ini bertujuan agar komunitas, atau pegiat dan atlet olahraga catur ini dapat terwadahi dalam turnamen tersebut. Selain itu juga sebagai wujud perhatian Ketua DPRD Kota Surabaya dengan atlet catur.
“Cak Ji sebagai wakil rakyat mewadahi mereka yang hobi main catur ini. Jadi komunitas atau atlet dapat lebih terasah seni bermain caturnya. Kadang ada yang main di warkop gitu, kan kesannya tidak terwadahi dengan baik,” jelas Budi.