Ketua Penyelenggara SEA Games di Kecam Persatuan Wartawan Filipina

SURABAYAPAGI.COM, - Permasalahan dalam pelaksanaan SEA Games di Filipina terus menerus diberitakan di berbagai media, baik dari media local maupun Internasional. Akibatnya, Ketua Pelaksana Komite Penyelenggara Pertandingan Olahraga Asia Tenggara Filipina (PHISGOC) Ramon Suzara memanggil sejumlah media lokal terkait pemberitaan yang bernada negatif.

Dalam pertemuan itu, Suzara meminta media untuk tidak hanya memberitakan hal hal negatif saja, ia meminta kepada media juga memberitakan hal positif terkait pelaksanaan SEA Games 2019.

Menanggapi pemanggilan sejumlah media oleh (PHISGOC) itu, Persatuan Wartawan Filipina (NUJP) mengecam tindakan tersebut.

"(Mereka) berusaha untuk menentukan bagaimana media seharusnya melaporkan berita tidak memiliki tempat dalam demokrasi," kata NUJP.

"Ini menjadi sangat tidak dapat diterima ketika para pejabat yang bertanggung jawab atas resor bencana untuk menampar media juga, seolah-olah laporan tentang kekurangan mereka adalah penyebab bencana," tambahnya.

NUJP juga mengingatkan kepada Suzara bahwa peran media yaitu memberitakan suatu kejadian berdasarkan fakta yang telah terverifikasi. Berita itu tidak hanya untuk kepentingan tertentu melainkan kepentingan masyarakat luas.

"Jika semuanya selalu menyinari cahaya kebenaran tentang keadaan SEA Games, persiapan (yang matang) dapat membantu memastikan bahwa bangsa kita dan orang-orang terhindar dari dipermalukan di masa depan," tutur NUJP.