•   Kamis, 30 Januari 2020
SGML

KH Ma’ruf Amin Ajak NU Kedepan Fokus Penguatan Ekonomi Kerakyatan

( words)
KH Ma’ruf Amin saat berpose bersama Bupati Fadeli, Ketua Tanfidiyah Supandi Awaludin dan pengurus lainnya. FOTO:SP/IST


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Penguatan ekonomi kerakyatan sangat penting untuk membangun kemandirian umat, dan terwujudnya kemandirian bangsa, karena itu NU sebagai organisasi terbesar di Indonesia harus hadir bersama negara untuk merealisasikannya.

Hal itu disampaikan oleh Calon Wakil Presiden nomor urut 1, KH Ma’ruf Amin, dalam sambutannya saat menghadiri acara pelantikan PCNU Lamongan Masa Khidmat 2018 - 2023, di Pondok Pesantren Darul Mustaghitsin, Lamongan, Rabu (23/1/2019).

Disebutkan oleh kiai yang mendampingi Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ini, kalau ekonomi kerakyatan kuat, maka aqidah, pendidikan dan kesehatan umat tidak akan lemah.

"Kita kader NU harus melakukan penguatan umat, jangan sampai umat ini lemah aqidahnya, lemah pendidikannya, lemah ekonomi dan kesehatannya," ajaknya.

Menurut Mantan Ro’is Syuriyah PBNU tersebut, yang harus dibangun NU saat ini adalah membangun kekuatan bidang ekonomi agar warga NU tidak menjadi beban negara, tapi justru dapat berkompetisi dalam berkontribusi pada bangsa dan negara.

"Kita harus mandiri, harus bisa membangun diri sendiri supaya menjadi umat yang kuat dan mandiri, tidak bergantung kepada orang lain, sehingga dapat membantu menghilangkan kemiskinan," terangnya.

Kiyai Ma’ruf mengatakan, sebenarnya NU pantas saja mendapatkan perlakuan dari negara, karena NU juga berjasa pada negara. Bahkan, kata pendiri NU dan tokoh-tokoh kita, NU juga pendiri negara ini.

"Kalau pendiri negara mestinya memiliki saham, dan kalau punya saham mestinya dapat deviden. Karena, NU sudah memberikan kewajibannya terhadap negara," ujarnya.

Dihadapan ribuan warga NU Lamongan, Kyai Ma’ruf juga menawarkan program gagasannya membangun arus baru ekonomi Indonesia. Konsep program penguatan ekonomi yang menitikberatkan pada pemberdayaan penguatan ekonomi umat melalui kemitraan, termasuk pemberdayaan ekonomi pesantren.

Selain itu, Kyai Ma’ruf juga meminta dukungan dari ribuan warga Nahdliyin di Lamongan, yang maju sebagai Cawapres mendampingi Capres Joko Widodo pada Pilpres 2019 nanti.

"Mohon dukungannya, karena kami sebagai kader NU dipilih sebagai cawapresnya oleh pak Jokowi merupakan penghargaan bagi warga NU," tandasnya. jir

Berita Populer