Khasiat Buah Naga Atasi Masalah Hipertensi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 24 Nov 2020 12:05 WIB

Khasiat Buah Naga Atasi Masalah Hipertensi

i

Buah Naga. SP/ Desy

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi tekanan darah seseorang berada di atas nilai normal, yaitu lebih dari 140/90 mmHg.

Tekanan yang tinggi tersebut membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dari banyaknya obat hipertensi, tak banyak yang tahu bahwa hipertensi dapat diatasi dengan cara sederhana, yaitu dengan mengonsumsi buah naga.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Penderita hipertensi umumnya tidak mengeluhkan gejala apapun. Tekanan darah yang tinggi biasanya diketahui secara insidental atau tidak sengaja saat melakukan pemeriksaan untuk kondisi lain.

Inilah yang menyebabkan banyak kasus hipertensi tidak terdiagnosis dengan cepat dan tidak mendapatkan terapi yang optimal. Kalaupun menimbulkan gejala, umumnya gejala tersebut tidak khas seperti sakit kepala, vertigo, gangguan penglihatan, dan rasa tidak enak di dada.

Kondisi hipertensi tidak boleh dianggap remeh sekalipun gejalanya ringan. Pasalnya, bila tidak terkontrol akan menimbulkan berbagai komplikasi, seperti stroke (baik perdarahan maupun penyumbatan), serangan jantung, kerusakan ginjal, dan masalah pembuluh darah lainnya.

Di balik rasanya yang segar, buah naga rupanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini kaya akan protein, karbohidrat, juga tinggi vitamin C, vitamin B1, dan riboflavin.

Selain itu, berbagai mineral seperti kalsium, besi, dan fosfor dalam buah naga pun tidak kalah tinggi. Berikut ini adalah rangkaian manfaat buah naga bagi penderita tekanan darah tinggi:

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Kandungan vitamin C dalam buah naga yang tinggi dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat dan lentur. Hal ini akan mencegah tekanan darah tinggi. Bagi yang sudah mengalami hipertensi, mengonsumsi buah ini dapat menjaga agar tekanan darah tetap stabil.

Buah naga mengandung antioksidan yang tinggi, seperti fitoalbumin dan flavanoid. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas dari makanan atau udara yang tercemar polusi yang berpotensi merusak pembuluh darah.

Buah naga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Konsumsi buah naga dapat mencegah terjadinya sumbatan pembuluh darah akibat timbunan lemak (aterosklerosis) dan menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Buah naga mengandung serat yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk pencernaan dan mencegah penderita hipertensi mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Buah naga memang dapat membantu menurunkan tekanan darah, tetapi tidak dapat menggantikan pengobatan hipertensi yang lain. Penderita hipertensi tetap harus melakukan perubahan pola hidup dan konsumsi obat hipertensi secara rutin untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Dsy4

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU