Khofifah : UMKM yang Perlu Bantalan Ekonomi Harus Disupport

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 15 Nov 2020 20:57 WIB

Khofifah : UMKM yang Perlu Bantalan Ekonomi Harus Disupport

i

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melihat produk UMKM Jember di KPwBI Jember Minggu (15/11/2020).sp/sp

SURABAYA PAGI, Jember - Pemulihan ekonomi atas dampak pandemi terus diupayakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dari ajakan hingga pemberian bantuan kredit pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

 "UMKM yang perlu bantalan ekonomi ya harus kita support, sehingga, pergerakan ekonomi di tingkat lokal bisa terus bergulir,"ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai gowes bareng dan penyerahan bantuan sosial pada masyarakat di Kantor Bank Indonesia Jember, Minggu (15/11/2020).

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

Kata Khofifah, pandemi Covid-19 berdampak pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, mengajak masyarakat khususnya bagi kalangan menengah ke atas untuk membeli produk UMKM.

Mantan Menteri Sosial itu menjelaskan, bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan juga diharapkannya dapat membantu modal usaha UMKM.

"Dari BRI, BNI, dan Mandiri memberikan bantuan KUR. Ini akan sangat membantu UMKM kita agar mampu bertahan dan berkembang di tengah pandemi saat ini," tuturnya. 

Baca Juga: Relawan Lintas Profesi se-Tapal Kuda Dukung Khofifah Maju dalam Pilgub Jatim

Ia juga menjelaskan, sertifikat tanah warga yang juga diserahkan pihak BPN, jika diperlukan, maka bisa diagunkan pada perbankan.

"Sertifikat bisa diagunkan pada bank, namun harus untuk usaha produktif. Untuk itu, kami ajak perwakilan perbankan juga agar bisa membantu warga," ujarnya.

Baca Juga: Lia Istifhama: War Takjil Menjadi Momen Tepat Support UMKM

Saat di Jember, Khofifah juga menyempatkan diri di tengah kegiatan gowes mengunjungi UMKM. Ia meninjau langsung produksi oleh-oleh khas Jember di UMKM Purnomo Jati. arf

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU