Khofifah Jadikan "Gowes Optimis" Untuk Edukasi Masyarakat Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Agu 2020 20:50 WIB

Khofifah Jadikan "Gowes Optimis" Untuk Edukasi Masyarakat Jatim

i

Gubernur Jawa Timur Khofifah bersama OPD serta Penanggung Jawab RS Lapangan Indrapura Surabaya Laksamana TNI Dr. IDG Nalendra juga turut bersepeda dari Grahadi menuju Taman Mundu SP/ Humas Pemprov Jatim

SURABAYA PAGI, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan puluhan pesepeda yang tergabung dalam Ikatan Alumni Pasien Sembuh Covid-19. "Gowes Optimis" bertema maskerisasi dan edukasi masyarakat ini menjadi tenaga baru untuk mensosialisasikan bahaya Covid-19 di Jawa Timur.

“Ini akan memberikan dorongan motivasi bagi mereka yang sekarang yang masih dirawat. Mereka harus punya optimisme dan semangat bahwa mereka akan sembuh semuanya,” ujar Khofifah sesaat setelah memberangkatkan pesepeda ikatan alumni pasien sembuh Covid-19 di Gedung Negara Grahadi, Minggu (23/8/2020).

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Khofifah mengatakan, ribuan pasien sembuh dari Covid-19 yang di rawat di RS Lapangan Indrapura Surabaya dan tempat lainnya dapat mengedukasi masyarakat lainnya tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Ini akan menjadi energi baru bagi Jawa Timur untuk mengedukasi masyarakat yang lain, yang mungkin masih menganggap enteng. Sekarang yang mengedukasi para survivor dari pasien yang sembuh, mereka akan mengajak masyarakat supaya bermasker,” ungkapnya.

Keterlibatan ex-pasien Covid-19 tersebut sebagai tenaga sosialisasi bahaya virus Corona juga diharapkan bisa menjadi tenaga pendamping bagi pasien lainnya yang masih dalam perawatan untuk tidak merasa diasingkan oleh lingkungannya.

Baca Juga: Khofifah dan Pj Wali Kota Ali Kuncoro Serahkan Santunan 500 Anak Yatim se-Kota Mojokerto

“Ada yang mungkin terstigma, ada yang mungkin terisolir, ada diantara mereka yang mungkin di exclude dari tempat bekerjanya, dari komunitasnya. Mereka mudah-mudahan berkesempatan untuk melakukan pendampingan,” imbuh Khofifah.

Salah satu ex-pasien Covid-19 bernama Wardatul Jamilah yang dinyatakan berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) dan sembuh dari Covid-19 setelah dirawat di Asrama Haji Sukolilo, mengimbau agar masyarakat tak perlu takut kepada pasien yang sudah sembuh. Dan tetap disipilin menerapkan protokol kesehatan.

“Saya rasanya setelah kembali ke rumah itu kayaknya ada beberapa orang yang takut gitu kan. Saya pengen ngomong jangan takut sama orang yang sudah pernah positif Covid-19, terus kita kan sudah dinyatakan bisa kembali ke masyarakat sama dinas kesehatan,” ujarnya di kesempatan yang sama.

Baca Juga: Ungguli Surabaya, Kota Mojokerto Sabet Juara II Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Jatim

Setelah pembacaan deklarasi ikatan alumni pasien sembuh Covid-19, Gubernur Jawa Timur Khofifah bersama OPD serta Penanggung Jawab RS Lapangan Indrapura Surabaya Laksamana TNI Dr. IDG Nalendra juga turut bersepeda dari Grahadi menuju Taman Mundu bersama puluhan orang yang sudah dinyatakan terkonversi negatif Covid-19. Adt

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU