•   Rabu, 11 Desember 2019
JawaTimur

Khofifah Kunjungi Mall Pelayanan Publik

( words)
Gubernur Khofifah mendampingi Mendagri RI, Tjahjo Kumolo mengunjungi Mall Pelayanan Publik di Banyuwangi, kemarin.


SURABAYAPAGI.com - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mendampingi Mendagri RI, Tjahjo Kumolo meninjau Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. Di Mall itupula, Gubernur Jatim, Mendagri RI dan Bupati Banyuwangi ikut serta melakukan senam peregangan diiringi lagu Meraih Bintang dari Via Vallen.
Dalam kunjungannya, Gubernur Jatim sempat melakukan komunikasi dengan masyarakat yang sedang mengurus kependudukan. Beragam kemudahan perijinan yang bisa diperoleh masyarakat di Mall Pelayanan Publik.
"Ada layanan kependudukan dan pelayanan sipil, pemeriksaan kesehatan, perijinan umum, layanan paspor membayar listrik dan mengirim surat via pos," ujar Khofifah setelah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Otoda XXIII.
Saat berkunjung Gubernur menemui hal yang menarik di Mall Pelayanan Publik. Yakni setiap 15 menit pegawai mengajak para masyarakat melakukan senam peregangan.
Sementara itu ditempat terpisah, saat memimpin peringatan Hari Otoda XXIII, Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan, perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan memiliki banyak kemajuan. Karena, otonomi daerah dinilai telah memberikan solusi yang mendorong kemajuan pembangunan daerah. Dimana dengan adanya otoda, masyarakat didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi.
Setidaknya, lanjut Tjahjo Kumolo, terdapat beberapa prinsip yang berubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah. Secara nyata, otoda telah mendorong budaya demokrasi dalam kehidupan masyarakat. Otoda sendiri, juga dirasa telah mampu menumbuh kembangkan masyarakat dalam mengeluarkan pikiran secara terbuka serta berkumpul.
"Kemudian otoda memiliki kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat. Dengan demikian masyarakat dapat berpartisipasi aktif membangun daerahnya," ungkapnya.n arf

Berita Populer