•   Jumat, 17 Januari 2020
Pilgub2018

KIP-Emil : Program Berkelanjutan Hingga Pendampingan Milenial

( words)
Khofifah dan Istri Emil Dardak, Arumi Bachsin di acara Haul Suami Khofifah. Foto: SP/Robert.


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Salah satu Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menegaskan bahwa program-program pada visi misinya akan melalui berbagai proses yang terus berkelanjutan. Wanita yang berpasangan dengan Emil Dardak sebagai Calon Wakil Gubernur tersebut pun mengaku bahwa saat ini sedang menajamkan hal itu.
"Atau istilahnya navigasi program. Karena program visi misi itu harus lebih membumi, menjawab kebutuhan, dan mencapai progresivitas masyarakat Jawa Timur," kata Khofifah.
Untuk itu, wanita yang tengah menunggu jawaban dari Presiden Jokowi terkait surat pengunduran diri sebagai Menteri Sosial tersebut akan menggandeng berbagai pakar atau ahli di masing-masing bidang untuk menavigasi berbagai programnya. "Semisal untuk menajamkan vokasi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), supaya matching dengan kebutuhan dunia kerja, maka perlu bertemu beberapa kenalan yang telah berpengalaman membangun jaringan magang di dalam maupun luar negeri," jelanya.
"Begitu juga untuk lebih menajamkan pelayanan kesehatan rumah sakit di Jawa Timur sebagai "Top Referal" dari layanan masyarakat Indonesia Timur. Perlu mengumpulkan para ahli di bidangnya untuk menyiapkan aparat medik agar siap mendedikasikan dirinya dari sekadar melayani masyarakat Jatim," tambah Khofifah.
Lebih lanjut, Khofifah juga kembali menegaskan bahwa navigasi program yang disampaikannya tidak akan pernah mencapai final. Sebab, semuanya akan berproses karena dinamika masyarakat selalu membutuhkan antisipasi serta yang lebih komprehensif.
Pada kesempatan terpisah, Emil Dardak selaku Cawagub bagi Khofifah mengungkapkan bahwa pendampingan bagi generasi milenial demi menyambut Indonesia Emas juga akan menjadi fokus bagi pasangan Khofifah-Emil Dardak. "Tentunya, persiapan agar generasi milenial atau generasi muda ini kan perlu dipersiapkan untuk menghadapi new economics era. Kalau tidak, bagaimana mereka bisa mewujudkan Indonesia Emas nantinya?" kata Pria yang juga Bupati Trenggalek tersebut.
"Nah, dengan begitu, maka hal tersebut akan menjadi bagian dari visi misi saya dan Bu Khofifah pada Pilgub Jatim 2018. Tentunya persiapan generasi milenial tersebut juga akan kami lakukan dengan membawa semangat nasionalisme juga," ungkap Emil lebih lanjut.
Salah satu langkah kongkret dari hal itu, menurut suami dari artis Arumi Bachsin tersebut adalah pemberian pendampingan usaha kepada para generasi muda. "Misalnya, seperti yang sudah kami lakukan di Kabupaten Trenggalek, adalah program pilot project kepada para pengusaha muda dengan cara fasilitas mentoring. Jadi, mereka yang memang sudah menjadi pengusaha ini kita berikan pendampingan selama 10 bulan agar bisa menjadi pengusaha mandiri. Selama proses pendampingan, kami equip mereka untuk mentoring bersama para super mentor," beber Emil Dardak.
Pendampingan nyata sebagai salah satu visi misi yang akan dibawa pada Pilgub Jatim 2018, menurut Emil menjadi sangat diperlukan. "Sebab, aksi nyata yang bersentuhan langsung dengan para target program akan jauh lebih efektif," pungkasnya.ifw

Berita Populer