KIPP Nilai Risma dan ASN Pemkot Tak Netral

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 17 Sep 2020 16:42 WIB

KIPP Nilai Risma dan ASN Pemkot Tak Netral

i

Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur Novly Bernado Thysson.SP/ALQ

SURABAYAPAGI, Surabaya - Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur menilai Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini tidak netral. Bahkan Aparatur Sipil Negera (ASN) Pemkot Surabaya mulai terindikasi terlibat dukung mendukung terhadap salah satu bakal pasangan calon (bapaslon) Pilwali Surabaya.

Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Jawa Timur Novly Bernado Thysson menyebut salah satu bukti ketidak netralan Tri Rismaharini adalah foto Risma dicatut dalam baliho bapaslon Eri Cahyadi dan Armuji. Hal itu melanggar undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilukada serentak. 

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Serahkan SK Pensiun ke 50 PNS Kota Kediri

"Kepala daerah baik bupati, walikota dilarang menggunakan kewenangannya, programnya, yang menguntungkan atau merugikan salah satu calon. Misalnya gambar Risma dicatut dalam baliho salah satu paslon itu tidak boleh," ungkapnya kamis (17/9).

Menurutnya, seharusnya Risma sebagai wali kota Surabaya netral. Ketika dicatut dalam baliho, Risma sama sekali tidak menegur. Itu artinya Risma mengamini dan membiarkan dukungan kepada Eri dan Armuji. 

"Harusnya bu Risma memberikan contoh kepada masyarakat dan bereaksi ketika fotonya dipasang oleh Eri dan Armuji," ungkapnya.  

Novli menegaskan, di masa senja kepemimpinan Risma sebagai walikota, seharusnya meninggalkan contoh yang baik. Namun faktanya, tidak ada contoh baik yang bisa ditiru dari Risma. "Lihat bu Khofifah dan Pak Emil, di baliho mereka pakai masker mereka mengedukasi masyarakat, gimana dengan Bu Risma, apakah ada bu Risma yang pakai masker di baliho?” ucapnya.

Contoh lain ketidak netralan Risma sebagai kepala daerah adalah penggunaan Taman Harmoni sebagai tempat penyerahan rekomendasi kepada Eri-Armuji, apalagi pemberian rekom itu dilakukan pada saat jam kerja, bukan pada hari libur. 

"Kapasitas Risma sebagai wali kota Surabaya. Tidak bisa dong kalaupun dia sebagai pengurus DPP PDIP.  Bijaknya mendeklarasikan ngak apa-apa, tetapi harus mencari tempat netral, tidak memakai Taman Harmoni yang notabene milik pemerintah," tegasnya.

Potensi penyalahgunaan kewenangan dan jabatan bapaslon Eri-Armuji sangat besar. Meski bukan petahana, namun bapaslon PDIP ini didukung oleh patahana. Di dalam pemilukada, bapaslon patahana atau yang didukung patahana cenderung berpotensi menyalahgunakan fasilitas negara. Selain itu juga berpotensi memobilisasi ASN secara terstruktur dan masif. 

Baca Juga: Temukan Oknum ASN Terlibat Dukung Caleg, Demokrat Lamongan Berencana Gugat Hasil Pileg ke MK

"Maka kita harus ingatkan jangan sampai itu terjadi. Prinsipnya adalah Risma harus netral. Tidak ada pengondisian pejabat eselon sampai kelurahan untuk mendukung Eri-Armuji. Sehingga netralitas ASN bisa terjaga," katanya. 

Menurut Novli, Risma sudah mulai mengeluarkan kebijakan yang bersifat politis. Salah satunya adalah keputusan swab gratis khusus masyarakat Surabaya. Padahal, pandemi covid sudah mulai melandai.

"Mengapa baru sekarang gratis, kok saat zona merah tidak masif. Saya apresasi kebijakan ini, tapi sarat indikasi ini dipolitisasi," ucapnya. 

Peresmian Laboratorium Kesehatan Daerah sebagai tempat swab gratis bagi warga Surabaya menjadi penanda kebijakan baru Risma. Namun, bagi masyarakat luar Surabaya dikenakan tarif sebesar Rp 120 ribu. 

Baca Juga: ASN Pemprov Sumbar Magang di Jatim

"Pengelolaan anggaran harus jelas. Pertanyaanya sekarang pertanggung jawaban uang itu kemana, yang ngelola siapa," ungkapnya.

Novli mengingatkan kepada seluruh bapaslon agar berkompetisi secara sehat. Pilwali Surabaya bukan hanya untuk kepentingan bapaslon, tetapi juga melakukan edukasi politik kepada masyarakat dan KIPP saat ini metracking berbagai fakta Ketidaknetralan maupun penyalahgunaan wewenang untuk dilaporkan ke Bawaslu.

"Berkampanyelah dengan sportif, jangan gunakan cara curang. Indikator pemimpin yang baik bisa dilihat dari cara dia berkampanye. Kalau sejak awal sudah banyak menyalahgunakan wewenang, tidak menutup kemungkinan, saat memimpin akan melakukan hal yang sama. Khusus untuk ASN harus netral, karena tugas mereka melayani masyarakat bukan terlibat dukung mendukung," tukasnya. Alq

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU