•   Minggu, 29 Maret 2020
Peristiwa Nasional

Kisah Restu Ibunda Jokowi di Dunia Politik

( words)
Jokowi saat meminta restu kepada ibundanya ( Sudjiatmi Notomihardjo). SP. IDN


SURABAYAPAGI.com, Solo - Sudjiatmi Notomihardjo punya cerita tersendiri saat merestui anak sulungnya Joko Widodo (Jokowi) terjun ke dunia politik. Tak disangka, mulanya sang ibunda tak merestui Jokowi untuk merambah dunia politik.

Jokowi pernah bercerita, bahwa dirinya pernah gagal karena tidak mematuhi larangan sang ibu. Ketika itu, dia hendak membuat cabang usaha mebel di Dubai, Uni Emirat Arab. Usul itu pernah didiskusikan dengan Sujiatmi.

Dalam diskusi tersebut, sang ibu menolak keras ide tersebut. Namun, Jokowi berkukuh memuka cabang di Dubai. Walhasil, usaha itu berulang kali gagal.

"Pas masuk politik itu saya sebenarnya juga nggak setuju juga, dia itu wiraswasta dari saudara-saudaranyanya, kakek-nenek, pakde-pakdenya semuanya wiraswasta, tapi kok dia mau ke politik," ujar Sudjiatmi saat diwawancarai pada 24 Desember 2018 di Solo, Jawa Tengah.

Ia mempertanyakan tujuan Jokowi terjun ke dunia politik. Kala itu Jokowi ingin mencalonkan diri menjadi Wali Kota Solo.

"Katanya dia jawabnya cuma mau bisa bermanfaat buat orang banyak," kata Sudjiatmi.

Jokowi sangat teguh pada pilihanya. Sudjiatmi pun luluh dan merestui Jokowi menjadi politikus.

"Ya saya pasti anaknya mau maju ya saya merestui dan mendoakan, sampai (jadi) Gubernur (DKI Jakarta) sampai (jadi) Presiden (Indonesia) yagitu dia pasti umroh dulu,"tuturnya.

Sudjiatmi tutup usia pada umur 77 tahun setelah sebelumnya mengidap penyakit kanker selama 4 tahun. Dia meninggal dunia pada Rabu (25/3) pukul 16.45 WIB. Ia akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Mundu, Karanganyar, siang ini.(dc/tp/cr-02/dsy)

Berita Populer