KKN Universitas Narotama Beri Edukasi Prokes Panti Asuhan Al-Jihad

Bagus Pramudita selaku Ketua KKN memberikan hadiah berupa cindera mata pada anak Panti Asuhan Al-Jihad di   Panti Asuhan Al Jihad, Jemursari, Surabaya, Minggu (22/11).SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI, Surabaya - Mahasiswa Universitas Narotama melakukan kegiatan pengabdian masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang menjadi tugas mahasiswa Tri Darma Perguruan Tinggi di Panti Asuhan Al Jihad, Jemursari, Surabaya, Minggu (22/11/2020).. Sebanyak 33 anak asuh panti diberikan berbagai materi di antaranya edukasi covid-19, cuci tangan secara benar, kelas berani bermimpi, kelas berbisnis, dan literasi belajar menabung.

Tujuh mahasiswa melaksanakan Pengabdian masyarakat atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) seperti Bagus Pramudita, Shella Yulmaniar, Desi Berliantiana, Mirna Kartikasari, Nainul Amani, Seldiah Rega dan Dimas Kusuma Jaya berasal dari Prodi Manajemen. Mereka tergabung ke dalam Kelompok KKN tahun ajaran 2020-2021 dan dibimbing oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Ani Wulandari, S.S., M.M.. KKN yang dilaksanakan pada masa pandemi ini memiliki harapan agar mahasiswa dapat membantu masyarakat di lingkungan kota khususnya dalam upaya mencegah penularan COVID-19.

KKN_Universitas_Narotama_Patrik_(2)

Bagus Pramudita selaku Ketua Kelompok KKN, mengatakan kegiatan KKN tujuannya terebosan untuk  mencegah rantai penyebaran COVID-19 di daerah setempat sehingga serangkaian kegiatan dilakukan dengan protokol kesehatan COVID-19 sesuai yang dianjurkan pemerintah.

Selain mencegah rantai penyebaran COVID-19 juga membangun karakter anak, memberikan bantuan moril berupa semangat, motivasi belajar anak, dan memberikan semangat pada adik-adik untuk terus semangat dalam mengejar mimpinya meskipun dalam keadaan pandemi, agar kedepan bisa menjadi generasi yang lebih produktif dan kreatif untuk Indonesia.

“Anak-anak tersebut mengikuti kegiatan ini terlihat antusias, kami juga mengemasnya dengan menarik ada kuis giveaway. Selain itu merchandise diterima seperti alat protokol kesehatan, handsanitizer, masker, alat tulis, totebag, celengan, dan snack,” Ujar Bagus Pramudita selaku Ketua KKN.

KKN_Universitas_Narotama_Patrik_(3)

Pengabdian masyarakat tersebut yang mengambil tema “Tetap Sehat dan Produktif dimasa Pandemi” ini mendapat dukungan dari elemen masyarakat berupa donasi.

Nainul, selaku rekan Bagus mengatakan “alhamdulillah kegiatan ini mendapat dukungan dari kalangan masyarakat berupa donasi. Tentunya seluruh donasi dialokasikan pada pemberdayaan masyarakat.

Kami ingin mengucapkan terimakasih atas kesediaan dan kedermawanan rekan yang sudah berdonasi dalam membantu memfasilitasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat,”Ujar Nainul.

Akhir kegiatan dilakukan penyerahan hadiah bagi adik-adik panti asuhan yang aktif serta mengajak menuliskan mimpi,  dan penyerahan bantuan berupa uang tunai, peralatan mandi, buku-buku dan cindera mata berupa plakat.

KKN_Universitas_Narotama_Patrik_(4)

Bagus berharap khususnya para generasi muda aktif memberikan kontribusi dalam pemberdayaan masyarakat khususnya di daerah yang memiliki inkubasi COVID-19 yang tinggi sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.  Hal itu disambut baik oleh pihak panti asuhan karena mahasiswa memiliki potensi untuk berperan strategis dalam membawa perubahan sosial di masyarakat.

“Alhamdulillah pihak Panti Asuhan Al-Jihad, Surabaya menyambut hangat kegiatan kami. Mereka juga menginginkan kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan,” pungkasnya.Pat