Klasterisasi, UK Petra Jadi PTS Terbaik Pertama di Jawa Timur

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Agu 2020 17:54 WIB

Klasterisasi, UK Petra Jadi PTS Terbaik Pertama di Jawa Timur

i

Universitas Kristen Petra. SP/Byta

SURABAYAPAGI, Surabaya - Klasterisasi 2020 ini dilakukan terhadap 2.136 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Klasterisasi Perguruan Tinggi 2020, dengan UK Petra sebagai PTS Terbaik Pertama di Jawa Timur menjadi pendorong perguruan tinggi agar meningkatkan kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (PT).

Baca Juga: Hari Kamis, Presiden Jokowi Dijadwalkan ke Surabaya

Ada empat kategori penilaian yang bersangkutan dengan mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input), pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses), capaian kinerja jangka pendek (output), dan capaian kinerja jangka panjang (outcome).

Secara harafiah, komponen Input, seperti jumlah dosen berpendidikan S3, jumlah prosentase dosen dengan jabatan Lektor Kepala dan Profesor hingga rasio antara jumlah mahasiswa dibandingkan jumlah dosen.

"Puji Tuhan, UK Petra tetap bisa mempertahankan, bahkan terus meningkatkan kualitasnya. Secara pribadi saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari seluruh keluarga besar UK Petra, termasuk juga dari para alumni dan masyarakat. Ini artinya kerja keras kita selama beberapa tahun terakhir ini diapresiasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia," ungkap Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., selaku rektor UK Petra saat ditanya mengenai hasil klasterisasi ini.

Sedangkan komponen proses meliputi akreditasi PT, akreditasi prodi, pembelajaran daring hingga kerjasama perguruan tinggi. Komponen OUTCOME meliputi prosentase lulusan memperoleh pekerjaan dalam waktu 6 bulan, kinerja inovasi, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen dan kinerja pengabdian kepada masyarakat.

Secara keseluruhan di tingkat nasional, di antara semua PTN dan PTS, UK Petra berada urutan ke 21. Hal ini menjadikan UK Petra sebagai PTS terbaik pertama di Jawa Timur. Secara nasional, di antara semua PTS di Indonesia, UK Petra menduduki posisi kedua, setelah kampus yang ada di Bandung.

"Nilai UK Petra yang paling tinggi berasal dari komponen PROSES kemudian diikuti berturut-turut komponen Input, Outcome dan Output. Total nilai yang diraih UK Petra mencapai 2.385," tambah Djwantoro.

Perbaikan kualitas UK Petra dilakukan secara terus menerus, khususnya menyikapi berbagai perubahan amat cepat yang terjadi belakangan ini, termasuk di antaranya merevisi kurikulum secara besar-besaran, agar relevan dengan Revolusi Industri 4.0, mengupayakan akreditasi internasional program studi yang ada di UK Petra dan tak lupa terus meningkatkan kualitas pembeajaran dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada terkini dengan dibentuknya Excellence in Learning and Teaching Centre (ELTC).

Pada tahun 2020, bahkan lima prodi teknik di UK Petra sudah berhasil memperoleh status akreditasi internasional, dan akan dilanjutkan dengan prodi-prodi lainnya.

Dengan adanya pencapaian ini, rektor UK Petra menyampaikan bahwa UK Petra tidak akan berpuas diri, sebaliknya akan terus meningkatkan kinerjanya salah satunya mengikuti akreditasi internasional untuk setiap prodi.Byt

Baca Juga: SK Kwarda Jatim Terbit, Semangat Baru Bagi Pramuka Jawa Timur

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU