•   Selasa, 15 Oktober 2019
Sportainment

Klub Malaysia Incar Pemain Indonesia

( words)
Striker PSM Makassar, Ferdinand Sinaga,


SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Pemain-pemain Indonesia kian laris di Negeri Jiran. Setelah Selangor FA mengontrak dua pemain Timnas Indonesia, Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armayn, kini Persatuan Sepak Bola Kelantan (KAFA) beriniat memboyong salah satu striker asal Indonesia lainnya.
Seperti dilansir Utusan, Kelantan kini tengah mempersiapkan diri menghadapi Piala Super yang akan berlangsung sebentar lagi. Untuk itu, tim yang ditangani oleh Sathit Bensoh tersebut butuh tambahan amunisi impor untuk mengisi slot yang kosong hingga kini.

Nama Ferdinand Sinaga pun masuk dalam radar Kelantan. Pimpinan KAFA, Husin Deraman, bahkan akan menemui sang pelatih untuk membicarakan pemain PSM Makassar tersebut.
"KAFA perlu mencari calon untuk mengisi kuota pemain ASEAN secepat mungkin karena kita mau menggunakan pemain itu menghadapi turnamen segitiga, Piala Super Boost Sports Fix yang akan berlangsung pada pertengahan bulan ini," beber Husin belum lama ini.
Ferdinand merupakan satu dari tiga pemain impor ASEAN yang dianggap layak memperkuat Kelantan. Sejauh ini, Kelantan telah punya tiga pemain impor, yakni Margaro Gomis (Perancis), Cassio Francisco de Jesus (Brasil) dan pemain tengah Do Dong-hyun (Korsel)
Ferdinand Sinaga merupakan salah satu striker andal Tanah Air. Pemain berdarah Batak ini sudah lama menjadi primadona di sepak bola Tanah Air. Dia mengawali kariernya dari Persibat Batang sebelum mendapat kesempatan bergabung dengan Persib Bandung.
Sejak meninggalkan Maung Bandung, 2008 lalu, Ferdinand beberapa kali pindah klub. Namun namanya mulai melambung saat membawa Semen Padang juara Indonesia Premier League (IPL) 2012. Saat itu, Ferdinand mengemas 16 gol dari 25 laga dan jadi top scorer.
Musim lalu, Ferdinand memperkuat PSM Makassar. Bersama PSM, Ferdinand mengemas 16 gol dari 37 laga. Ferdinand juga sempat memperkuat timnas Indonesia U-23 dan senior. Prestasi terbaiknya adalah medali perak SEA Games 2011 dan runner up Piala AFF 2016.
Sementara itu, kehadiran para pemain Indonesia di Negeri Jiran sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sejak beberapa tahun lalu, pemain-pemain Tanah Air sempat merumput di sana.
Sebut saja Bambang Pamungkas dan Ellie Aiboy. Keduanya pernah memperkuat Selangor FA dan membawa tim itu juara. Selanjutnya masih ada sosok lain yakni, Andik Vermansyah. Sayap lincah asal Jawa Timur itu juga sempat memperkuat Selangor FA hingga 4 musim.
Belakangan muncul nama Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armayin. Keduanya telah menandatangani kontrak dengan Selangor FA usai meninggalkan Bhayangkara FC.
Namun kepindahan mereka justru menuai komentar pedas dari Presiden PSSI, Edy Rahmayadi. Pangkostrad yang maju pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara itu menganggap kepindahan mereka ke Negeri Jiran sebagai wujud tidak cinta Tanah Air.
Bahkan dia mengancam akan mencoret pemain tersebut dari PSSI. Masalah ini bisa saja menjadi batu sandungan bagi Ferdinand bila ingin menerima tawaran dari Kelantan.

Berita Populer