•   Sabtu, 14 Desember 2019
SGML

Komisi A Dorong Disdukcapil Berinovasi Mudahkan Pelayanan Adminduk

( words)
Ketua Komisi A DPRD Lamongan Ning Darwati menerima cindramata dari Disdukcapil Kota Bandung.


SURABAYA PAGI, Lamongan - Komisi A DPRD Lamongan terus mendorong Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lamongan, untuk terus berinovasi dalam memudahkan kepengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk), salah satunya dengan mencari perbandingan dan info ke daerah lain.
Daerah yang menjadi jujugan study banding kali ini adalah, Kota Bandung Jawa Barat. Dalam kunjungan kali ini, rombongan Komisi A mendapatkan berbagai informasi pelayanan Adminduk yang cepat dan efesien.
Di kota Bandung seperti disampaikan oleh ketua komisi A Ning Darwati adalah, Disdukcapil tersebut sudah menerapkan sistem e-SPASI (elektronik sistem pendaftaran antrian VIA SMS), diamana sistem ini merupakan sistem SMS dalam pengambilan antrian pelayanan Administrasi Kependudukan dan pencatatan sipil.
"Pendaftaran antrian melalui e-Spasi berbasis NIK individu dan peserta akan mendapatkan nomor antrian dan waktu pelayanan juga," kata Ning Darwati menirukan Uum Sumiati Sekretaris Disdukcapil Kota Bandung.
Sedangkan untuk kegiatan mempeling pelayanan kependudukan dan catatan sipil yang dilakukan melalui mobil keliling yang dilakukan di tiap Kecamatan dengan rasio usia 12-15 tahun dan di Sekolahan dengan usia 6-12 tahun.
Untuk jadwal Mepeling dapat dicek melalui situs dispendukcapil.bandung.go.id.

Kami juga mempunyai inovasi Geulis (gerai Layanan Istimewa) pelayanan keliling yang dilakukan di Mall kota bandung. Yang pertama Geulis festival Citylink/ gerai citylink yang melayani Akta kelahira 0-18 tahun, Kematian, Perekaman e-ktp, sedangkan untuk yang ada di Geulis BTC Fashion Mall hanya untuk Akta kelahiran semua usia dan Perekaman e-ktp.
"Kami juga menyediakan Pohon harapan yang dïgunakan masyarakat untuk menulis kesan dan pesan terhadap pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil. Karena dari laporan atau saran masyarakatlah yang akan membuat pelayanan semakin maju dan lebih baik," terangnya kala itu
Semoga kedepan Lamongan bisa menerapkan pelayanan seperti yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Bandung. jir

Berita Populer