•   Minggu, 23 Februari 2020
SGML

Komisi D Desak Disnaker Perbanyak Pelatihan Kerja Untuk Usia Produktif

( words)
Anggota Komisi D saat melihat BLK di Kota Palangkaraya. FOTO: SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Komisi D DPRD Lamongan mendesak kepada Dinas Tenaga Kerja untuk memperbanyak pelatihan kerja terhadap usia produktif, untuk membantu mengurangi angka pengangguran, dan membantu mereka agar bisa mendapatkan kehaliannya yang bisa dijadikan modal untuk bekerja.

Hal itu disampaikan oleh Ali Makhfudl ketua Komisi D DPRD Lamongan, usai melakukan kunjungan kerjanya ke Kota Palangkaraya pada (19/9/2018) lalu. "Usia produktif lebih muda berkembang ketika mendapatkan pelatihan,"terangnya.

Ia lalu mencontohkan seperti yang dilakukan oleh Kota Palangkaraya. Di kota Palangkaraya lanjutnya, Dinas Tenaga Kerja setempat terkait stategi meningkatkan perluasan lapangan kerja, dengan cara meningkatkan kompetensi penduduk usia produktif melalui pelatihan, yang dilakukan di BLK dengan memiliki 11 kejuruan.

Kejuruan yang dimaksud meliputi Teknik Otomotif, Teknik Mobil, Las dan Manufaktur, Teknik Pendingin, Meubel, Komputer, Menjahit, Tata Rias, Perhotelan, Administrasi Perkotaan dan Intalasi Listrik.

Selain itu juga melakukan kerjasama dengan Telkomsel wilayah Palangkaraya dalam rangka informasi lowongan secara broadcast SMS, bagi pencari kerja dan MOU dengan Universitas Kota Palangkaraya dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Palangkaraya dalam rangka peningkatan Skill alumnus. jir

Berita Populer