KONI Kota Kediri Target 13 Emas dari Cabor Angkat Besi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Agu 2020 19:23 WIB

KONI Kota Kediri Target 13 Emas dari Cabor Angkat Besi

i

Salah satu atlet perempuan saat mencoba angkat beban disaksikan para atlet lainnya.bo

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Kini puluhan atlet angkat besi mulai latihan rutin di belakang Stadion Brawijaya. Hal ini dilakukan karena KONI Kota Kediri menargetkan 13 emas dari cabor angkat besi di Porprov Jatim 2021.

Eko Agus Koko, pelatih angkat besi dan juga ketua PABBSI (Persatuan Angka Besi, Angkat Berat, dan Binara Seluruh Indonesia) Kota Kediri mengatakan, atlet yang ikut berlatih terdiri dari atlet yang sudah punya pengalaman bertanding dan membawa medali. Meski demikian, ada pula yang baru ikut tahun ini. Mulai dari anak usia SD hingga dewasa, tergantung dari kelas yang diikuti.

Baca Juga: Bangkalan Bersinar di Porprov VIII, Raih 28 Emas dan 177 Poin

“Latihan setiap hari dari Senin sampai Sabtu, Minggu mereka pemanasan saja di rumah,” kata Koko sambil menunjukkan salah satu atlet binaannya, Selasa (4/8).

Dimas Nur Itamar K. (13 tahun), salah satunya. Badannya tidak terlihat besar. Berat tubuhnya hanya 41 kg. Namun ia mampu mengangkat beban 50 kg. Dimas mengaku ikut pelatihan sejak SD.

“Dulu saya disarankankan orang tua saya untuk ikut. Saya suka juga,” kata Dimas yang kini sudah SMP.

Selain Dimas, ada Rosera (19 tahun) yang kini sudah lulus dan sedang mendaftar perguruan tinggi. Rosera ikut pelatihan baru tahun ini ketika ia kelas 3 SMA. Ia berminat ikut karena ditawari oleh pelatih yang melihat potensi pada dirinya.

Baca Juga: Closing Ceremony Porprov Jatim VIII 2023 Spektakuler

“Mungkin nggak umum ya. Saya perempuan, ikut akan besi. Tapi orang tua mendukung, pesannya hati-hati saja biar tidak cedera,” kata Rivera.

Terkait dengan protokol kesehatan selama pandemi, Koko selalu mengingatkan untuk jaga jarak. Selain itu, latihannya dibagi 2 shift sehingga menghindarkan berkerumun. Selain itu, perlu asupan seimbang agar kondisi fisiknya prima.

“Tidak harus diet macam-macam. Intinya, sesuai dengan berat badan saja,” tambah Koko. Ia tidak ingin memberatkan atletnya dengan aturan makan yang membebani.

Baca Juga: Porprov VIII Jatim Berakhir, Kota Mojokerto Borong Puluhan Medali

Atlet-atlet binaan Koko menunjukkan semangat dan prestasi yang gemilang. Pada Porprov 2019, tim angkat besi Kota Kediri berhasil membawa 21 emas, 19 perak, dan 4 perunggu.

“Tahun ini kami tergetkan sama, minimal 21 emas. Kalau di angkat besi itu sudah kelihatan saat latihan, kita bisa memenangkan pertandingan atau tidak,” kata Koko yang optimis timnya bisa meraih targetnya.cit15

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU