Kontak Senjata dengan KKB, 2 Anggota TNI Gugur

SURABAYAPAGI.COM, Jayapura –Kontak senjata di Jayapura kembali terjadi. Pasukan gabungan yang terdiri dari TNI dan Polri terlibat kontak senjata dengan kelompok criminal bersenjata (KKB) di distrik Sugapa, kabupaten Intan Jaya, Papua pada Selasa (17/12).

Akibat kejadian tersebut dua prajurit TNI meninggal dunia.

Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman melalui rilis pada Rabu (18/12/2019) menyebut dua prajurit TNI yang gugur yaitu Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky.

“Saat ini kedua jenazah dalm proses evakuasi,” ujarnya.

Kedua prajurit TNI tersebut gugur saat menjalankan tugasnya dalam menjamin keamanan warga Papua.

Satgas Gakum TNI bersama Polri sebelumnya menerima beberapa laporan dari masyarakat sugapa bahwa mayarakat yang sedang melaksanakan persiapan perayaan natal mendapat gangguan dari KKB.

Adapun gangguan yang dimaksud diantaranya intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, pemerkosaan dan perampasan serta penjarahan harta benda.

Kelompok KKB tersebut diduga juga bertanggung jawab atas peristiwa penembakan terjadi pada tiga pengemudi ojek pada Oktober 2019 lalu.

"Satgas Gakkum TNI bersama Polri meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang diduga menjadi basis kegiatan KKB. Pada saat melaksanakan patroli keamanan, terjadi kontak tembak yang mengakibatkan dua prajurit TNI gugur," tutur Rahman.

Pasca kejadian adu tembak, satgas gakum TNI dan Polri terus berupaya melakukan pengejaran dan menangkap organisasi KKB yang melarikan diri ke dalam hutan.