Korea Selatan Terdepan Komersilkan 5G

SURABAYAPAGI.com - Korea Selatan akan menjadi negara pertama yang meluncurkan layanan internet generasi kelima (5G) secara komersial. Bersamaan dengan peluncuran smartphone Samsung S10 versi 5G pada 5 April hari ini, jaringan 5G di negeri gingseng itu pun siap tersedia secara merata. Sebagai salah satu negara dengan tingkat penetrasi smartphone teratas dunia, Korea Selatan berpacu dengan Tiongkok, Amerika Serikat, dan Jepang untuk memasarkan 5G. Teknologi ini diharapkan akan memacu terobosan di bidang-bidang seperti kota pintar dan mobil otonom sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.
"Sangat berarti bahwa perusahaan-perusahaan telekomunikasi Korea Selatan menyediakan layanan dan jaringan yang memenuhi standar tinggi pelanggan Korea Selatan dalam kecepatan dan kualitas gambar," kata Ryu Young-sang, Wakil Presiden Eksekutif SK Telecom, Kamis (04/04).
Ryu juga menambahkan bahwa 5G akan mengubah lanskap industri gim. Hal itu karena 5G bisa meminimalisir delay saat gim dijalankan pada perangkat smartphone.
Teknologi ini pun dapat menawarkan kecepatan data 20 kali lebih cepat daripada jaringan 4G jangka panjang (LTE) dan dukungan yang lebih baik untuk kecerdasan buatan dan realitas virtual dengan latensi rendah. Bahkan untuk kondisi tertentu dapat kecepatannya bisa mencapai 100 kali lebih cepat.
Sementara itu 5G yang diisukan memiliki kerentanan terhadap keamanan siber yang lebih besar telah membuat cukup khawatir negara-negara di dunia. Meski begitu, perusahaan telekomunikasi Korea Selatan sepertinya tak mau ambil pusing perihal itu.
"Saya kira kita tidak memiliki masalah keamanan di Korea Selatan," kata Park Jin-hyo, kepala pusat penelitian teknologi informasi dan komunikasi SK Telecom.
Park Jin-hyo juga menambahkan bahwa perusahaan menggunakan teknologi canggih untuk memblokir penyadapan atau peretasan terhadap jaringan 5G.