•   Selasa, 19 November 2019
Peristiwa Hukum

Kosmetik Ilegal, Via & Nella akan jadi Saksi

( words)
Via Vallen saat mendatangi Polda Jatim beberapa waktu lalu.


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kasus kosmetik ilegal yang sempat heboh lantaran menggunakan para artis sebagai endrose mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.
"Sudah disidangkan mas, besok agendanya saksi," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Winarko saat dikonfirmasi, Selasa (25/6/2019).
Dalam kasus ini, masih kata Winarko, sejumlah artis yang menjadi endorse akan dihadirkan secara bertahap. Mereka akan bersaksi terkait kosmetik ilegal buatan terdakwa Karina Indah Lestari yang diberi merk Derma Skin Care Beauty (DSCB).
"Saya lupa namanya, harus lihat berkas dulu. Yang saya ingat hanya Via Vallen dan Nella Kharisma," pungkasnya.
Sementara dari data yang dihimpun, selain Via Valen dan Nella Kharisma, nama empat artis lainnya juga masuk dalam surat dakwaan jaksa, yakni Olla Ramlan, Nia Ramadhani dan Selebgram Mimi Peri dan Dekador.
Untuk diketahui, pemanggilan para artis ini dilakukan Jaksa Winarko setelah terdakwa Karina Indah Lestari tidak mengajukan eksepsi atas dakwaan jaksa, yang sebelumnya mendakwa terdakwa melanggar Pasal 197 Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,
Kasus ini diungkap oleh Polda Jatim pada 4 Februari 2019 lalu dan dari hasil penyidikan, hasil produksi kosmetik oplosan yang diproduksi terdakwa tidak memiliki ijin edar dari BPOM.
Dalam menjalankan aksinya, terdakwa Karina Indah Lestari menjual hasil produksinya melalui sosial media yang menggunakan para artis sebagai endorsenya. (bd/nt)

Berita Populer