•   Selasa, 31 Maret 2020
Ekonomi NKRI

KPPU Ajak SDM Unggul Untuk Indonesia Maju

( words)
Direktur Santos Jaya Abadi Adi Haryono memberikan materi dalam acara Talkshow di Go Work, FX Senayan, Jakarta


SURABAYAPAGI.COM,Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar Rangkaian Talkshow di Go Work, FX Senayan, Jakarta yang terbuka untuk para Pelaku Usaha dan masyarakat umum. Acara ini merupakan talkshow kedua yang diadakan setelah talkshow perdana di Bandung. Dan ke depannya akan kembali diadakan di kota berbeda.

Komisioner KPPU, Harry Agustanto mengatakan, ”Acara ini dilakukan dalam rangka Sosialisasi aturan mengenai persaingan usaha dan program KPPU. Banyak pelaku usaha yang belum mengenal KPPU, apalagi mengetahui mengenai aturan Persaingan Usaha. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendekatkan KPPU kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat umum” tuturnya.

Rangkaian Talkshow KPPU kali ini dibagi dalam Tiga Topik. Yang pertama mengenai Kepatuhan Terhadap Hukum Persaingan Usaha, membahas antara lain mengenai apa itu Hukum Persaingan Usaha, siapa saja pemangku kepentingannya dan bagaimana agar patuh terhadadap Hukum Persaingan Usaha yang disampaikan oleh Komisioner KPPU Chandra Setiawan.

Dari sisi akademis, Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Atmadjaya, Dr. Jur. Sih Yulianana Wahyuning menyampaikan mengenai self assessment dalam perusahaan sebagai salah satu upaya desentralisasi hukum Persaingan Usaha.

Sementara Legal Head Unilever Reski Damayanti menyajikanbest practice yang sudah dan terus dilakukan oleh perusahaan tempatnya bekerja.

Topik Kedua, Anak Muda Bicara Kopi. Persaingan Brand Lokal & Internasional membahas mengenai Kopi sebagai sebuah industri yang sedang sangat berkembang, sejalan dengan perkembangan gaya hidup anak muda, terutama di perkotaan. Kopi menjadi sangat populer sehingga banyak pelaku industri yang masuk ke dalam wilayah ini, baik dalam skala besar maupun kecil.

Banyak StartUp yang sudah, sedang dan baru mulai masuk ke dalam industri ini. Mereka saling bersaing satu sama lain dalam pangsa yang homogen. Bagaimana mereka bertahan dalam situasi ini.

Sebagai pembicara dalam topik ini adalah Handoko Hendroyono, CoFounder Filosofi Kopi mewakili StartUp, sedangkan dari sisi industri diwakili oleh Adi Haryono, Direktur PT. Santos Jaya Abadi sebagai produsen Kopi Kapal Api. Sebuah skala nasional.

Dari KPPU tampil sebagai Pembicara, Komisioner Kodrat Wibowo yang menyampaikan bagaimana peran KPPU sebagai regulator sekaligus Pengawas Persaingan Usaha menyikapi hal ini.

Topik Ketiga tentang Industri Aplikasi (Apps) dan Games Dalam Kancah Lokal & Global menampilkan Ivan Chen Founder Anantarupa sebagai Games, juga Oculus dan Augmented Reality developer.

Sebagai pelaku developer Games, Ivan berharap agar regulasi yang ada dapat lebih menjaga iklim usaha yang lebih kondusif bagi industri games di Indonesia.

Pembicara lainnya mewakili StartUp bidang Applikasi, Pamitra Wiweka dari TaniHub. Pamitra Wiweka, biasa dipanggil Eka menyatakan, sebagai negara agraris, petani Indonesia masih memiliki banyak kendala dalam menjual hasil pertanian mereka.

Berlapisnya jalur distribusi membuat jarak yang jauh antara petani sebagai produsen dengan pembeli. TaniHub diharapkan dapat memotong dan memperpendek jalur sehingga petani memiliki posisi tawar yang lebih baik, dan lebih menguntungkan.

Komisioner Harry Agustanto yang mewakili KPPU menjelaskan, “Perkembangan teknologi digital membawa perubahan dalam berbagai hal dan menciptakan lahan industri baru, antara lain Industri Aplikasi (Apps). Industri ini lekat kaitannya dengan kemudahan menggunakan Internet.

Sebagai Digital Natives, anak muda merupakan pelaku sekaligus pemain utama dalam industri yang berkembang sangat cepat ini. Perubahan dan perkembangannya begitu cepat sehingga banyak hal yang belum diatur dalam Hukum Persaingan Usaha. KPPU harus bijaksana mensikapi hal ini sehingga dapat menjaga agar industri ini dapat berkembang lebih baik” tutupnya.

KPPU Talks kali ini juga dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Sandy Canester yang membawakan lagu barunya, Jangan Sepi. Sandy juga jamming bersama Commissioner Band secara unplug. Byob

Berita Populer